Kisah Perjuangan Putri Jasmine Terlepas dari Belenggu Patriarki di Film Aladdin

Minggu 23-07-2023,13:53 WIB
Reporter : Rida Satriani
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG, PALPRES.COM - Bagi kamu yang sudah menonton film Aladdin tentunya tidak asing lagi dengan Putri Jasmine.

Pada bagian film Aladdin terlihat kisah perjuangan Putri Jasmine saat terlepas dari belenggu Patriarki. Hal ini memiliki nilai perjuangan bagi perempuan

Film remake dari animasi Aladdin di tahun 1992, kini dibawakan dalam bentuk live action karya Walt Disney Studios. Guy Ritchie bertindak sebagai sutradara dari film versi terbaru ini berhasil merancang karya yang tidak hanya bertujuan untuk menghibur belaka.

Ternyata lebih dari itu, film ini menyampaikan banyak pesan-pesan kemanusiaan, makna kehidupan, cinta, kekuasaan, kejujuran, serta semangat perlawanan.

BACA JUGA:CEK FAKTA! Bansos BPNT Tahap 4 dan PKH Tahap 3 Cair, KPM Wajib Simak!

Berbagai nilai-nilai positif tersebut tercermin dalam satu cerita yang membuat penonton betah menonton hingga setelah film berakhir.

Sehingga, waktu yang biasanya digunakan untuk beristirahat setelah menonton, kini harus dialihkan mengingat dan memaknai kesan-kesan penting dari film tersebut.

Film "Aladdin" menjadi berbeda dari film-film Disney sebelumnya karena berhasil menenangkan kritik dari kelompok feminisme.

Sejak Disney memperkenalkan setiap karakter putri di tahun 1930-an, kelompok ini selalu aktif memberi kritik agar sosok Putri Disney tidak terperangkap dalam stereotip fisik perempuan seperti model yang profesional atau cerita yang menunjukkan ketidakberdayaan perempuan.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kemenparekraf, Ada di PTN QS WUR 2024?

Yang membuat film ini berbeda dari film disney lain adalah peran Mena Massou sebagai Aladdin yang ternyata tidak begitu mencolok dibanding karakter Putri Jasmine yang sangat tersorot.

Begitu pula dalam versi animasinya, Putri Jasmine digambarkan sebagai sosok yang lemah dan tanpa tujuan yang jelas.

Namun, di dalam versi filmnya, Putri Jasmine menonjol dengan kekuatan suara dan kemampuan yang luar biasa kuat.

Bahkan, Putri Jasmine berhasil menggulingkan sistem patriarki yang telah berlangsung selama berabad-abad di kerajaan Agrabah.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi: Suhail bin Amr, Juru Bicara Quraisy yang Berhasil Hijrah

Kategori :