OPINI: Manfaat Teknologi AI Dalam Membantu Pendidik Mengembangkan Media Pembelajaran Bagi Peserta Didik

Rabu 09-10-2024,10:42 WIB
Reporter : Kgs Yahya
Editor : Kgs Yahya

PALPRES.COM - Artikel dengan Judul "Manfaat Teknologi Ai Dalam Membantu Pendidik Mengembangkan Media Pembelajaran Bagi Peserta Didik" ditulis oleh Maharani Khairunnisa Mulya dan Dwi Cahaya Nurani mahasiswa Unsri prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Di era sekarang ini teknologi semakin berkembang pesat, tak kenal umur penggunaan teknologi kini sudah digunakan oleh segala kalangan baik remaja, orang dewasa, lansia bahkan sampai anak kecil yang masih balita pun sudah diberikan penggunaan teknologi oleh kedua orangtua maupun keluarganya. 

Tak kayal muncullah istilah generasi alpha yang merujuk pada generasi yang lahir di tengah kemajuan teknologi dan telah terpapar media sosial sejak usia dini.

Namun, penggunaan teknologi juga semakin meluas di berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. 

BACA JUGA:Telkom Dukung Teaching Factory, Berikan Panduan Model Pembelajaran Inovatif di SMK Tunas Harapan Palembang

BACA JUGA:5 Universitas Terbaik di Semarang Tahun 2023, Nomor 3 Tawarkan Pembelajaran AI dan Big Data

Pembelajaran di era sekarang juga sedang mengalami masa perkembangan yang semakin canggih terutama dalam bidang pendidikan dan teknologi.

Pendidikan terus berkembang untuk mengakomodasi kemajuan ini.

Banyak hal berubah seiring berjalannya waktu, seperti cara guru mengajar, cara siswa belajar, dan materi pembelajaran terus diperbarui seiring perkembangan teknologi.

Salah satu perubahannya adalah proses pembelajaran yang berpusat pada guru beralih ke pembelajaran yang berpusat pada siswa.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Menutup Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif di Bali

BACA JUGA:Investasi Pendidikan Sentuh Rp612 Triliun, Sri Mulyani: Penting Berinvestasi Pembelajaran Sepanjang Hidup

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru harus membuat proses pembelajaran yang meningkatkan partisipasi siswa. 

Menanggapi hal ini para guru mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang teknologi terbaru yang bisa diterapkan dalam kelas, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.

Salah satunya ialah mengembangkan media pembelajaran berbantuan dengan teknologi, terlebih lagi dalama mengembangkan media dalam pembelajaran kini teknologi memiki banyak platform arau web yang bisa para pendidik akses salah satunya yaitu penggunaan teknologi AI.

Kategori :