Honda

UIN Raden Fatah Palembang Siap Menuju Internasionalisasi

UIN Raden Fatah Palembang Siap Menuju Internasionalisasi

PALPRES.COM - Kepala Pusat Layanan Internasional Renny Kurnia Sari, M.Pd, menjadi pembina upacara apel di kampus B Jakabaring-UIN Raden Fatah Palembang,  Senin (27/06/2022).

Dalam apel tersebut, Kepala PLI menyampaikan hal hal terkait proses UIN Raden Fatah Palembang menuju internasionalisasi.

Dalam pembukaannya, Kepala PLI menyampaikan bahwa internasionalisasi merupakan sebuah tindakan dan proses untuk membawa institusi-kampus UIN Raden Fatah Palembang berstandar Internasional dalam bidang Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Wujudkan World Class University, UIN Rafah Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa Palestina

"Proses internasionalisasi tersebut menyatukan komponen yang harus dimiliki oleh sebuah “world class university”; meliputi kualitas penelitian, kualitas pengajaran, kompetensi lulusan dan reputasi/international look," jelasnya.

Dalam amanatnya, kepala PLI juga menyampaikan bahwa proses menuju internasionalisasi merupakan sebuah kebutuhan kolektif. Kepala PLI mengajak semua Fakultas, pascasarjana, unit terkait, dosen, mahasiswa, tendik dan seluruh civitas akademika untuk menyiapkan diri, menyiapkan mental menuju internasionalisasi.

"Tujuan utama internasionalisasi di Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang adalah meningkatkan kualitas Pendidikan, mengembangkan kualitas penelitian baik dalam skala nasional dan internasional, meningkatkan kompetensi dan kapasitas peneliti, dosen, staff dan mahasiswa, serta menyiapkan diri dalam merespon kebutuhan pasar internasional perguruan tinggi," terangnya.

Sebagai penutup, Kepala PLI menyampaikan strategi pencapaian untuk menuju internasionalisasi tersebut. Pertama, Kepala PLI menekankan pemahaman dan kesamaan visi dari semua unsur civitas akademika di Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

BACA JUGA:Dosen Al-Azhar Mengajar di UIN Raden Fatah

Kepala PLI mengajak para pimpinan dan seluruh unit terkait untuk memiliki komitmen yang tinggi terhadap proses. Kedua, kepala PLI menyebutkan beberapa strategi yang sudah dilakukan PLI; diantaranya adalah pembentukan cikal bakal unit urusan Internasional di Tingkat Pascasarjana dan Fakultas.

"Dari sini PLI dapat bersama sama mengidentifikasi keunggulan setiap fakultas dan mempercepat informasi kegiatan internasionalisasi dari pusat ke Fakultas dan pascasarjana. Identifikasi kepentingan yang berhubungan dengan internasionalisasi ini diharapkan dapat menjadi penyusunan database untuk penelitian unggulan, dosen yang berpotensi untuk mendapatkan beasiswa internasional, dan juga identifikasi program yang bisa menjadi unggulan di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang," jelasnya.

Pihaknya menyebutkan bahwa PLI juga telah menyiapkan target sasaran terkait kerjasama Internasional dan penambahan mahasiswa asing. Tahun 2022, PLI telah memperbaharui menyiapkan dan melaksanakan MoU dan implementasi dengan beberapa Universitas di Malaysia (diantaranya UiTM, KUIZM, dan juga UPSI) membangun komunikasi dan menandatangani MoU dengan Thunderbird School of Global management-Arizona State University di Amerika (juli 2022), Berkomunikasi dengan Manisa Celal Bayar University-Turki, dan membangun persiapan MoU dengan Atdikbud Jeddah, bersama KBRI dan Sekolah Indonesia Luar negeri di Saudi Arabia.

BACA JUGA:Kendala Akreditasi Belum Didukung Dosen, Begini Ceritanya

"Dengan persiapan dan proses yang matang, kami optimis untuk memajukan dan menyiapkan serta membangun reputasi UIN Raden Fatah Palembang di kancah Internasional. Dengan dukungan pimpinan dan semua pihak, PLI juga berharap dapat meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang dapat kuliah di UIN Raden Fatah Palembang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: