Honda

Kadispar DIY Terpesona dengan Koleksi Museum Negeri Sumsel

Kadispar DIY Terpesona dengan Koleksi Museum Negeri Sumsel

PALEMBANG, PALPRRES.COM - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo, terpesona dengan koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel). Hal ini diketahui, saat Kadispar DIY berserta dua stafnya berkunjung ke museum milik Pemprov Sumsel itu, Rabu (29/06/2022).

Menurut Singgih, Museum Balaputra Dewa memiliki daya tarik wisata cukup kuat karena menyimpan berbagai koleksi dari masa pra sejarah, masa kerajaan Sriwijaya, masa Kesultanan Palembang Darussalam dan masa kolonial Belanda.

“Saya lihat ada koleksi sebelum masehi seperti Arca Mengendong Anak, yang menggambarkan seorang ibu dalam posisi berjongkok sedang mendukung anaknya dipunggung. Menariknya, koleksi ini pernah dipamerkan di Festival Seni dan Budaya Europalia di Belgia,” akunya.

Ditambah lagi, koleksi ini mempunyai narasi yang cukup kuat, untuk mengkomunikasikan kepada wisatawan.

BACA JUGA:Wujud Apresiasi, Kepala Museum Negeri Sumsel Berikan Cinderamata Kepada Letkol Erwinsyah

“Koleksi ini, mempunyai nilai filosofis tinggi, sebab seorang ibu punya arti penting bagi anak-anak dan keluarga. Ibu sebagai seorang wanita yang punya peran ganda mengurus anak-anak, keluarga dan tetap bekerja. Selain itu, pemandunya juga bagus dalam menjelaskan koleksi-koleksi yang dipamerkan,” jelasnya.

Kemudian, di Bangsal Arca terdapat juga Arca Batu Gajah dari masa Pra Sejarah yang ditemukan di Kota Raya Lembak Pagaralam tahun 1929, diperkirakan abad 1 Masehi.

“Kita juga diajak melihat koleksi Galeri Malaka. Dimana koleksi itu merupakan kerjasama dengan Museum Malaka. Saya lihat ini merupakan bagian dari mengkomunikasikan, jadi saling bertukar informasi tentang koleksi serta menjadi nilai promosi karena dipamerkan di museum luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi menyambut baik kedatangan Kepala Dinas Pariwisata DIY ini.

BACA JUGA:Museum Negeri Sumsel Siap Tuan Rumah Pameran Senjata Tingkat Nasional

“Kita berharap dalam kunjungan pribadi ini bisa memberikan kesan yang baik. Sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat DIY, bahwa Museum Negeri Sumsel ini memiliki berbagai koleksi yang menarik untuk di kunjungi,” harapnya.

Disela kunjungan tersebut, H Chandra Amprayadi memberikan Cinderamata kepada Singgih Raharjo sebagai tanda kenang-kenangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: