Honda

Kilang Pertamina Plaju Ajak Masyarakat Keliling Kilang Lewat Program MangCik

Kilang Pertamina Plaju Ajak Masyarakat Keliling Kilang Lewat Program MangCik

Ia mengaku kagum dengan kehandalan operasional kilang, baik SDM, teknologi maupun aspek keselamatan di dalamnya. 

“Saya baru tahu kalau kilang ini juga memproduksi bijih plastik,” ujar Junaidi pasca melihat proses produksi Polytam di unit Polypropylene sebagai salah satu produk unggulan Kilang Pertamina Plaju.

Selaku salah satu tokoh masyarakat, Junaidi mengajak masyarakat sekitar Kilang Pertamina Plaju untuk sama-sama menjaga dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap kilang yang menjadi salah satu obyek vital nasional itu.

Sementara itu, Syukri Rachman (24) mengakui betapa aspek HSSE di dalam Kilang Pertamina Plaju betul-betul diperhatikan. 

“Kita tahu, risiko operasional sangat tinggi kemungkinannya, setelah berkeliling kilang, kami jadi paham mengapa aspek HSSE khususnya safety betul-betul diperhatikan,” ujar Syukri yang juga seorang pemuda perwakilan Kelurahan Talangputri, Kecamatan Plaju. 

BACA JUGA:Beli BBM Subsidi Mesti Pakai Aplikasi MyPertamina, Warga Inderalaya Resah

Ia menyadari bahwa aspek HSSE begitu penting diketahui bukan hanya oleh pekerja Kilang Pertamina Plaju, namun juga oleh masyarakat sekitar agar paham apa yang harus dilakukan jika terjadi kondisi darurat. “Kami menjadi lebih paham apa yang harus dilakukan,” tambahnya.

Di akhir sesi kegiatan, Suhendra berharap doa dan dukungan masyarakat di sekitar Kilang Pertamina Plaju dapat terus berjalan handal dan memberi kontribusi kepada masyarakat pada umumnya.

Terlaksananya program MangCik ini turut mendukung tujuan kesebelas dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yakni menjadikan kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. 

Lebih spesifik pada target 11.5 dimana secara signifikan bertujuan mengurangi jumlah orang terdampak risiko bencana.

Dengan ini pula Kilang Pertamina Plaju telah berkontribusi dalam peningkatan dampak positif perusahaan yang termasuk dalam aspek Environmental, Social & Governance (ESG). LA

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: