Honda

Musdes RKPDes, Warga Inginkan Bak Penampungan Air

Musdes RKPDes, Warga Inginkan Bak Penampungan Air

LAHAT, PALPRES.COM – Mayoritas warga Desa Padang Muara Dua, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat menginginkan pembangunan bak penampungan air, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Itu terungkap dalam Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran (TA) 2023 di Desa Padang Muara Dua.

Masno, warga Desa Padang Muara Dua mengemukakan, di desanya memang sudah ada air bersih. Akan tetapi, airnya tidak sampai ke rumah warga. 

“Hal ini lantaran aliran air kecil, sehingga tidak sampai masuk pemukiman penduduk. Makanya membutuhkan bak penampungan air di belakang bangunan sekolah dasar," jelasnya, Selasa (12/7/2022).

Senada, warga lain Komar mengemukakan, usulan yang diajukan yakni bak penampungan air bawah tanah, yang diperuntukkan di masjid Blok D.

"Air untuk wudhu dan kamar mandi sangat sulit mengalir. Makanya saya mengusulkan itu," ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Padang Muara Dua, Agus Kurmaili menerangkan, memang di desa sudah ada air bersih. Hanya saja, aliran airnya sangat kecil, sehingga masyarakat tidak kebagian.

"Mata air bersumber di sekitar Desa Rindu Hati. Hanya saja dibagi menjadi tiga lokasi, Tebat Pedat, Talang Muara Dua, dan Padang Muara Dua," jelasnya.

Dirinya menambahkan, jenis pipa yang dipakai standar. Sayangnya pemerintah desa memasang pipa ke rumah penduduk dengan banyak sekali cabang.

"Sehingga air yang mengalir terbagi-bagi. Tapi kita telah membangun bak penampungan air dengan debit 15.000 kubik. Usulan-usulan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pada saat musyawarah ke depannya," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: