Honda

Sidang Kasus Dugaan Korupsi Disdik Mura Temui Fakta Baru

Sidang Kasus Dugaan Korupsi Disdik Mura Temui Fakta Baru

MURA PALPRES.COM - Dugan kasus korupsi yang terjadi di Dinas Pendidikan (Disdik) Musirawas (Mura) menemui fakta baru. Hal ini terungkap saat menghadirkan pihak Kemendikbud Ristek RI.

Kasi Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah dari Kemendikbud Ristek RI, Medira menegaskan pelaksanaan Diklat penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Musi Rawas tahun 2019, tidak dipungut biaya tambahan karena  ditanggung oleh APBD pada masing-masing Disdik Kabupaten.

Saksi Medira menyebutkan, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kemendikbud Ristek RI seluruh perlengkapan dan keperluan Diklat, mulai dari biaya modul, atk, hingga honor panitia penyelenggara Diklat telah ditanggung dari APBD Diknas Musirawas.

“Jadi para peserta yang mengikuti Diklat tidak dibenarkan untuk memberikan sejumlah uang kepada pihak penyelenggara Disdik dari kegiatan diklat tersebut,” kata saksi Medira secara virtual.

BACA JUGA:Mantan Kepala BP2KP Empat Lawang Ditahan Kejari

Di hadapan majelis hakim diketuai Efrata Heppy Tarigan SH MH, saksi Medira baru mengetahui adanya pungutan sebesar Rp3 juta yang dipungut dari masing-masing peserta Diklat Kepala Sekolah, saat dirinya diperiksa oleh pihak kejaksaan.

Selain saksi Medira, JPU Kejari Lubuklinggau juga menghadirkan tiga belas saksi lainnya yakni Kepala Sekolah yang sebagian besar mengikuti pelaksana Diklat.

Dari kedua belas saksi tersebut, diperoleh fakta diantarnya adanya penandatangan penerimaan honor transportasi sebesar Rp450 ribu per peserta Diklat, namun nyatanya peserta Diklat hanya disuruh menandatangani saja, uang tersebut tidak diberikan oleh pihak penyelenggara Diklat.

Selain itu, fakta lainnya yakni diterangkan salah satu saksi bernama Sri Rahayu ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Muara Lakitan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan Diklat tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun.

BACA JUGA: Dua Terdakwa Dugaan Korupsi KMK BSB Dituntut 2 Tahun

Waktu itu seingat saya tahun 2017 yang menjabat sebagai kepala dinasnya juga terdakwa pak Irwan Effendi Diklat tidak dipungut biaya, tapi tahun 2019 di pungut biaya Rp3 juta per orang,” kata Sri Wahyuni.

Diceritakannya, adanya pungutan tersebut berdasarkan hasil rapat dengan pihak Disdik Kabupaten Mura, seluruh Kepsek wajib ikut Diklat penguatan namun dana APBD tidak mencukupi, terutama untuk biaya konsumsi serta penginapan peserta Diklat.

“Oleh karena itu diadakan dana sharing, bagi peserta yang ikut dikenai biaya Rp3 juta, namun di kecamatan saya tidak saya paksakan yang mau ikut silahkan, tidak ikut juga silahkan,” ungkapnya.

Kasus ini menjerat tiga terdakwa oknum pejabat pada Dinas Pendidikan Nasional (Disdik) Kabupaten Musi Rawas, yakni Plt Kepala Disdik Kabupaten Mura IE, MR  Kabid GTK Disdik Kabupaten Mura, serta RO staf bidang GTK Disdik Kabupaten Mura, dihadirkan di hadapan majelis hakim Tipikor Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: