Honda

70 Poktan di Pagaralam Terima Bantuan Bibit Padi Unggul dari Kementan

70 Poktan di Pagaralam Terima Bantuan Bibit Padi Unggul dari Kementan

PAGARALAM. PALPRES.COM – Sebanyak 70 kelompok tani (poktan) yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kota Pagaralam menerima bantuan benih padi kualitas unggul dari Kementerian Pertanian, yang pendanannya bersumber dari APBN. 

“Bantuan ini merupakan benih padi unggul bersertifikat. Jumlahnya mencapai 12,9 ton. Benih yang diberikan kepada petani ini untuk memenuhi kebutuhan tanam seluas 518 hektar sawah,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson SE MM didampingi Kabid Produksi Pangan, Hendri Hendriawan SPi MP, melalui Fungsional Penyuluh, Hendra Gunawan SP.

“Varietas benih padi unggul ini yakni Ciherang dan Makongga,” terang Hendra.

Ia menyatakan, bibit tersebut nantinya untuk kebutuhan benih musim tanam April - September dan Oktober – Maret. 

Dengan adanya bantuan benih, petani lebih terbantu. Mereka tak lagi kesulitan. Sebab selama ini sebagian petani justru membuat benih sendiri, bahkan beli di pasar.

“Bisa mengurangi operasional tanam bagi petani, karena dibantu dengan benih unggul. Di sisi lain, diharapkan mampu mendongkrak produksi panen nantinya,” ucapnya.

Hendra tak menampik, dengan luasan areal sawah di Kota Pagaralam mencapai 2.947 hektar, alokasi bantuan benih belum bisa memenuhi kebutuhan petani. Namun pada tahun ini juga, Dinas Pertanian mengusulkan bantuan benih melalui APBD Provinsi Sumsel. 

“Kita usulkan untuk memenuhi kebutuhan tanam seluas 1.000 hektar. Namun realisasinya untuk 500 hektar,” kata dia. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: