Honda

Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno Diserahkan ke Arsip Nasional

Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno Diserahkan ke Arsip Nasional

Sekretariat Presiden mengembalikan naskah asli teks proklamasi tulisan tangan sang proklamator Ir. Soekarno kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Kamis, 18 Agustus 2022. Foto: BPMI Setpres/Lukas-tangkapan layar-presidenri.go.id

BACA JUGA: Lapas Surulangun Rawas Gelar Upacara HDKD, Kalapas Ingatkan Pesan Kemenkumham

Ia berharap agar dokumen bersejarah tersebut bisa terus dijaga dan diselamatkan sampai kapan pun karena menurutnya arsip tersebut adalah sertifikat kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Saya atas nama Arsip Nasional Republik Indonesia kebetulan sebagai Duta Arsip, kepada Sekretariat Negara, Sekretariat Presiden yang juga telah bersusah payah untuk mengambilnya, mengembalikan setiap tahun secara khidmat, terima kasih. Mudah-mudahan Allah Swt. meridai perjuangan kita untuk melanjutkan cita-cita proklamasi,” tandasnya.

Menurut catatan sejarah, naskah asli teks proklamasi diselamatkan dan disimpan oleh seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah, untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto.

Selanjutnya, naskah tersebut diteruskan kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998, Moerdiono. Pada tahun 1992, Moerdiono kemudian menyerahkan dokumen bersejarah tersebut kepada ANRI untuk disimpan dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

BACA JUGA: Jadi Irup Upacara HUT RI, Danramil 405-11/TS Sampaikan Ini

Artikel ini sudah tayang di presidenri.go.id dengan judul "Sekretariat Presiden Kembalikan Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno ke ANRI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: presidenri.go.id