Honda

Bupati Askolani Luncurkan Bank Tanah di Banyuasin

Bupati Askolani Luncurkan Bank Tanah di Banyuasin

Bupati Banyuasin H Askolani meluncurkan pemanfaatan Bank Tanah di Desa Marga Mulyo Jembatan 1 Jalur 20, Kecamatan Muara Padang.-Budi Alamsyah-Palpres.com

BANYUASIN, PALPRES.COM - Mewujudkan Program Infrastruktur Bagus, Bupati Banyuasin H Askolani meluncurkan pemanfaatan Bank Tanah di Desa Marga Mulyo Jembatan 1 Jalur 20, Kecamatan Muara Padang.

"Tujuannya untuk mewujudkan infrastruktur bagus di Banyuasin terutama akses jalan," kata Askolani didampingi Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono. 

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah membeli lahan tanah suatu kawasan untuk mengambil tanah timbunan. Sehingga ke depannya, Pemkab akan memiliki bank tanah, yang dapat dipergunakan untuk menimbun jalan. 

"Tanah itu akan ditimbun di beberapa jalan di Banyuasin," jelasnya.

Mengenai proses pengerjaan, ia mengaku akan dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat sendiri. 

"Mereka gotong royong, baik itu kendaraan angkutan tanah. Apalagi masyarakat juga ada armada kendaraan sendiri, sedangkan pemerintah hanya ada beberapa," ungkapnya.

Dikatakan, sistem bank tanah juga akan diterapkan di beberapa kecamatan, yang jalannya masih belum dicor. 

Lebih lanjut ia menerangkan, ini merupakan peluncuran pertama. Nantinya akan dilanjutkan ke daerah lain, seperti Muara Sugihan, Pulau Rimau, Air Salek, dan Selat Penuguan.

"Jika masyarakat punya kendaraan dump truck dari desa membawa sawit pulang dari pabrik, bisa membawa tanah untuk melakukan penimbunan," terangnya.

Ia juga meminta kades untuk mengawal dan memanfaatkan program ini. Jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

"Jika saya mendengar itu terjadi, kita selesaikan," tegasnya.

Pastinya, ia mengatakan, pendistribusian tanah dapat dilakukan untuk berbagai keperluan pembangunan (land distributor). 

Ia menjamin distribusi tanah berlangsung adil dan sesuai dengan kesatuan nilai tanah, mengamankan perencanaan, penyediaan, dan distribusi tanah. 

Sementara itu, Ardi Arfani, Kadis PU TR Banyuasin melalui Sekretaris Afriansyah mengatakan, pemerintah membeli lahan tanah di beberapa wilayah seperti Rambutan, Pulau Rimau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: