Honda

Terendam Banjir, Ratusan Hektare Lahan Sawah di Muratara Gagal Panen

Terendam Banjir, Ratusan Hektare Lahan Sawah di Muratara Gagal Panen

Salah satu penati di Desa Batung Kucing sambil menangis menunjukkan padi yang terendam banjir.-Hengki Palpres.com-

MURATARA,PALPRES.COM- Ratusan hektare lahan pertanian di tiga desa Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terendam banjir. Akibatnya, para petani di tiga desa tersebut gagal panen dan mengalami kerugian.
 
"Sudah 8 hari lahan persawahan terendam diantaranya Desa Pauh 1, Desa Pauh dan Desa Batu Kucing. Keseluruhan lahan dari tiga desa tersebut yang terendam dampak banjir 417 hektar gagal panen," ucap Wagio warga Desa Batung Kuning yang sawahnya terendam banjir.
 
 
Sementara, Seketaris Dinas Pertanian dan Perikanan Muratara, Eko Mahendra mengatakan, pihaknya telah menerima laporan tersebut dari ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat, namun untuk Desa Batu Kucing kami yakin gagal semua.
 
"di Desa Pauh 1 dengan jumlah lahan sawah dimiliki sebanyak 285 hektare yang terendam 20 hektare, Desa Pauh jumlah lahan 412 hektar terdampak 250 hektare, dan di Desa Batu Kucing jumlah lahan 147 hektare semuanya gagal panen," jelasnya.
 
Jadi, lanjut Eko, dihitung kerugian secara kasar 1 hektar bisa menghasilkan 4,5 ton gabah kering, jika dikonversi menjadi beras menghasilkan 2,9 ton berasa
 
"Dataran rendah ini yang menjadi persoalan, karena ketika banjir, untuk menunggu surut kembali tidak cukup waktu sehari. Ini saja sudah delapan hari,"jelasnya.
 
 
Kondisi saat ini volume air sudah kembali normal. Para petani sudah kembali beraktivitas, saya berharap para petani untuk sabar karena ini kehendak yang maha kuasa. SIS
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com