Honda

Ayam Nanas Lahat Dikemas Tahan Setahun, Tunggu Terbit Surat BPOM

 Ayam Nanas Lahat Dikemas Tahan Setahun, Tunggu Terbit Surat BPOM

Kepala Balitbang Kabupaten Lahat, Ir H Nazaruddin Effendi MT sedang memperlihatkan kemasan dari kuliner ayam nanas, belum lama ini. -Balitbang Lahat-palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM –Gulai Ayam Nanas yang dikenal sebagau masakan/kuliner khas Kabupaten Lahat, saat ini sudah proses dikemas dalam bentuk kaleng berukuran 370 gram.

Proses pengemasan yang membuat makanan itu tahan setahun ini, dilakukan atas kerjasama Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbang) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan Balitbangda Kabupaten Lahat dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat.

Demikian dijelaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Kabupaten Lahat, Ir H Nazaruddin Effendi MT.

"Pengalengan dilakukan di Laboratorium Inkubator Bisnis dan Teknologi Balitbangda Provinsi Sumsel. 

BACA JUGA:PKK Lahat Kenalkan Ayam Nanas Kepada Tamu Agung

Kapasitas laboratorium produk pangan Balitbangda Provinsi Sumsel yang masih terbatas," jelasnya, Ahad 2 Oktober 2022.

Maka, sambung dirinya, untuk mencapai 1.000 kaleng Gulai Ayam Nanas tersebut dilakukan secara bertahap.

Makanan kemasan itu, menurut dia, telah teruji higenis dan bebas dari bakteri serta mikroba lainnya karena telah diuji pada 10 Desember 2020 di BPOM Palembang. 

"Pada 14 Oktober 2021, hasil uji kecukupan panas di Balitbankda Sumsel telah dilakukan uji masa simpan, dengan hasil masa simpan selama 319 hari di Laboraturium PT Sucifindo (Persero) Cibitung, Bekasi, Jawa Barat," terang H Nazaruddin.

BACA JUGA:Ketua TP PKK Lahat Kagumi Petani di Jarai Mampu Budidaya 50 Jenis Buah Anggur

H Nazaruddin menuturkan, kini pihaknya tinggal menunggu penertiban surat dari Balai Pusat Obat dan Makanan (BPOM). 

Sementara itu, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan UMKM Dusun Laman.

"Apabila BPOM telah terbit, maka gulai ayam nanas segera dipasarkan di dalam Bumi Seganti Setungguan, sembari melihat minat masyarakat terhadap produk tersebut," terangnya.

Ia berharap, apabila sukses maka akan dilanjutkan pemasaran hingga ke luar Lahat, bila perlu sampai ke Jakarta Bandung dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com