Honda

Ketua TP PKK Lahat Kagumi Petani di Jarai Mampu Budidaya 50 Jenis Buah Anggur

Ketua TP PKK Lahat Kagumi Petani di Jarai Mampu Budidaya 50 Jenis Buah Anggur

Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SHut MM dan jajaran, melihat dari dekat kebun anggur yang tumbuh subur di pekarangan rumah Suli-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang mengunjungi Desa Karang Tanding, Kecamatan Jarai.

Kedatangan istri orang nomor satu di Lahat ini ingin melihat langsung kebun buah anggur yang dikelola Sulis petani lokal.

Lidyawati Cik Ujang melihat langsung kebun anggur bahkan tidak hanya ada satu jenis buah anggur saja melain ada 50 jenis macam buah anggur, seperti anggur tranfigurasi, Nenel , Harul, Jupiter, Banana Muskato, Julian dan Cherni Kristal serta masih ada jenis lainnya.

“Kecamatan Jarai ini sangat kaya potensi perkebunan dan pertanian, dibulan lalu kami berkunjung ke Jarai melihat kebun buah jeruk manis, sekarang ini kami datang lagi bertemu dengan Pertanian Buah Anggur milik Pak Sulis,” ungkapnya, Jumat, 16 September 2022.

BACA JUGA:Jaga Ketahanan Pangan, Sebar 68.100 Ekor Ikan Lele

Sambil berbincang Lidyawati Cik Ujang bertanya bagaimana proses perawatan sampai dengan panen, apakah cocok dengan cuaca di Kecamatan Jarai bahkan bisa berbuah lebat.

“Buatnya kita lihat lebat sekali dan buahnya juga kondisi bagus dan segar,” ucap Lidyawati.

Lidyawati mengaku, sangat kagum adanya kebun buah anggur di Kecamatan Jarai, semoga kedepan Sulis dapat mengembangkan potensi bercocok tanam buah anggur.

“Saya lihat langsung tidak hanya kebun Anggur saja melainkan melalui pembibitan cara mengembangkan kombinasi stek tempel untuk mengawinkan Anggur lokal dengan Anggur unggul. Tentu butuh peran dinas terkait guna berkembangnya kebun anggur di Kecamatan Jarai belajar dari Sulis suatu usaha dapat berhasil kalau kita tekun dan mau belajar,” pungkasnya.

Sementara itu, Sulis Petani Anggur Desa Karang Tanding mengatakan, untuk menanam anggur ini tidaklah sulit, meskipun kondisi cuaca di Kabupaten Lahat Panas namun masih tetap bisa menghasilkan.

“Tidak susah menanam pohon anggur ini, anggur ini menyukai suhu daerah panas, tapi bawahnya lembap, media tanahnya harus lembap,” jelasnya.

Ia menambahkan, anggur sendiri perawatannya sangatlah mudah, jika ada jamur atau parasit di daun tinggal semprot menggunakan pestisida.

“Proses menjadi buah masak dengan waktu lamanya 120 hari dan buah anggur merupakan bukan buah musiman,” ucapnya.

Masih dikatakannya, untuk perawatan sehari-hari cukup disiram dengan air cucian beras dan diberi pupuk MKP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com