Honda

Dinas TPH dan Peternakan Gelar Vaksin Rabies Gratis, Catat Tanggal Pelayanannya

Dinas TPH dan Peternakan Gelar Vaksin Rabies Gratis, Catat Tanggal Pelayanannya

Kabid Peternakan dan Keswan, drh Astin Tri Saputra Msi sedang memeriksa hewan peliharaan.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Memperingati Hari Rabies Sedunia, yang jatuh pada 28 September, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Peternakan Kabupaten Lahat menggelar pelayanan vaksinasi rabies secara gratis. 

Vaksin ini untuk masyarakat yang memiliki hewan penular rabies.

Kepala Dinas TPH dan Peternakan Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), drh Astin Tri Saputra Msi mengatakan, pelayanan vaksinasi akan dibuka mulai Senin 3 Oktober 2022 hingga Kamis 7 Oktober 2022, mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

“Kita melaksanakan vaksinasi rabies gratis, untuk masyarakat yang memiliki hewan penular rabies, seperti kucing, anjing, musang, kera dan sebagainya,” ungkapnya, Senin 3 Oktober 2022.

BACA JUGA: Harga Getah di PALI Turun, Harga Beras Malah Naik

Untuk kriteria hewan, sambung dirinya, yang divaksin, yakni hewan penularan rabies, hewan dalam kondisi sehat, umur minimal empat bulan, tidak bunting untuk betina, dan menyusui diatas satu bulan. 

Vaksin ini penting untuk mencegah penularan penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia sounusis (rabies). 

"Kita mengusahakan kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun. Himbauan kepada masyarakat, untuk segera melakukan vaksinasi hewannya, agar hewan bebas rabies dan masyarakat aman,” terang Astin Tri Saputra.

Astin Tri Saputra berharap, bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti yang disebutkan diatas, supaya memanfaatkan pelayanan ini agar zero rabies di Kabupaten Lahat.

"Pihaknya, akan memberikan kontribusi yang terbaik, sehingga warga bisa menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin," tukasnya.

Terpisah, Sandra Desi salah satu pencinta hewan menuturkan, dirinya sangat senang sekali, adanya pelayanan vaksinasi rabies secara gratis, dan sekaligus memeriksakan kesehatan hewan miliknya.

"Alhamdulillah, saya pasti akan mendatangi Kantor Dinas TPH dan Peternakan, sekaligus mengecek kesehatan hewan kucing dan divaksin rabies juga,” jelasnya.

BACA JUGA: Ayam Nanas Lahat Dikemas Tahan Setahun, Tunggu Terbit Surat BPOM

Senada, Robbi Alamsyah pemilik hewan kucing mengemukakan, dirinya akan memanfaatkan sebaik mungkin, adanya pelayanan vaksinasi rabies secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com