Honda

Air Bersih Mengalir, Mampu Tekan Angka Stunting

Air Bersih Mengalir, Mampu Tekan Angka Stunting

Air bersih dari sumur bor sudah digunakan penduduk desa, Ahad 23 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Sumber air bersih yang diperoleh dari sumur bor, pada bagian bangunan pemandian umum kini telah mengalir, bahkan tidak hanya digunakan di lokasi saja, akan tetapi, warga pun sudah menggunakannya.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengatakan, sumber air bersih sangat penting sekali, terutama sekali dimanfaatkan air minum.

"Nah, saat ini sumber air bersih yang ada di sarana Pemandian Umum telah dapat, dan kondisinya tidak berbau, tidak berasa dan bisa dikonsumsi," jelasnya, Ahad 23 Oktober 2022.

Selain itu, sambung dirinya, tujuan lain, guna mencegah sekaligus menekan angka stunting hingga turun drastis, terutama di Bumi Seganti Setungguan.

BACA JUGA:Wales Stump Tiba, Siap Bantu Ketahanan Pangan Warga

"Hal ini, masih banyaknya penduduk Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang yang bergantung pada aliran Sungai Lematang. Tentunya ini merupakan pekerjaan rumah yang tidak mudah mengubah pola pikir mereka," ucap Toni Oki Priyono.

Berdasarkan, sambung Toni Oki Priyono, data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat, setidaknya ada 22,4 persen balita menderita stunting. Salah satu faktor penyebabnya, air bersih dan sanitasi yang buruk.

"Oleh karena itulah, dengan mengkonsumsi air bersih, pastinya dapat mencegahnya, tidak hanya sekedar melalui penyuluhan semata, melainkan kita sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD) dapat turun ditengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Dirinya berharap, inilah komitmen TNI AD dengan bersinergis bersama-sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, memerangi angka stunting hingga pada 2024 berada diangka 14 persen secara nasional.

"Untuk itu, kami terus berupaya semaksimal mungkin, sehingga rakyat bisa mengubah pola pikirnya, dan memulai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," tegas Toni Oki Priyono. 

Berita Terkait, Pengerjaan plat duiker titik satu, di akses jalan sepanjang 2,6 kilometer (KM) di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat secara bergotong royong telah dimulai pengecoran.

BACA JUGA:Batu Bata Belakang Poskamling Selesai Dikerjakan, Bentuk Kampung Pancasila

"Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat beramai-ramai dengan warga mengecor dengan adonan semen, pasir dan batu aggregat," jelas Komandan Kelompok (Danpok) Platduiker dan Poskamling, Serda Saragih, Ahad 23 Oktober 2022.

Serda Saragih mengemukakan, secara bergantian tanpa mengenal lelah, termasuk juga kepala desa (kades) ikut terlibat di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com