Honda

Batu Bata Belakang Poskamling Selesai Dikerjakan, Bentuk Kampung Pancasila

Batu Bata Belakang Poskamling Selesai Dikerjakan, Bentuk Kampung Pancasila

Poskamling pada bagian belakang telah selesai susun batu bata, Ahad 23 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Batu bata bagian belakang pos keamanan lingkungan (Poskamling) selesai dikerjakan, hal ini akan memberikan kemudahan dalam membentuk Kampung Pancasila di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Komandan Kelompok (Danpok) Platduiker dan Poskamling, Serda Saragih mengemukakan, bangunan tersebut bukan sekedar menjaga keamanan desa semata, melainkan dapat membentuk kampung Pancasila.

"Tentunya kampung pancasila ini salah satunya ketersediaan poskamling, sebagai wujud kepedulian pemerintah desa (Pemdes)," ungkapnya, Ahad 23 Oktober 2022.

Dirinya menambahkan, sehingga dapat menghidupkan kembali makna yang terkandung dalam tubuh lima sila, yang kemudian bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Personel TMMD ke 115 Mulai Mengecat Pilar Pagar Masjid

"Salah satu contoh terdapat pada butir-butir Pancasila yakni gotong royong dan membantu sesama, sehingga kita sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) dapat memberikan contoh kepada warga," jelas Serda Saragih.

Serda Saragih mengemukakan, dengan kehadiran kampung Pancasila ini, nantinya dapat ditularkan secara tidak langsung.

"Masyarakat jangan sampai lupa dengan sejarah termasuk juga Pancasila sebagai lambang Negara Republik Indonesia (RI), guna membentengi diri dari gerakan radikalisme, yang dapat memecah belah keutuhan," harapnya. 

Berita Terkait, Pengerjaan plat duiker titik satu, di akses jalan sepanjang 2,6 kilometer (KM) di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat secara bergotong royong telah dimulai pengecoran.

"Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat beramai-ramai dengan warga mengecor dengan adonan semen, pasir dan batu aggregat," jelas Komandan Kelompok (Danpok) Platduiker dan Poskamling, Serda Saragih, Ahad 23 Oktober 2022.

Serda Saragih mengemukakan, secara bergantian tanpa mengenal lelah, termasuk juga kepala desa (kades) ikut terlibat di dalamnya.

"Setelah rangkaian besi dan papan Mala selesai dipasangkan, secara bersama-sama mengaduk adonan semen secara manual," ucapnya.

Kini, sambung dirinya, tinggal menunggu kering sana adonan coran plat duiker di titik satu, sementara ini, sedang mengerjakan sayap pada sisi kanan dan kiri.

BACA JUGA:Selesai Dicor, Danpok Plat Duiker dan Poskamling Acungkan Jempol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com