Honda

Empon - Empon Jamu Kuat dan Berkhasiat buat Kamu JOS!

Empon - Empon Jamu Kuat dan Berkhasiat buat Kamu JOS!

Jamu Empm- Empon-Pakde Tri-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Empon-empon merupakan jamu kombinasi, terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan temulawak.  Biasanya diminum untuk menjaga kesehatan.

 

Empon-empon dulunya hanya terkenal di kalangan pecinta jamu kini diserbu semua kalangan masyarakat, minuman ini dipercaya sebagai minuman yang mampu menjaga kekebalan tubuh dari virus penyakit.

 

Ini merupakan minuman khas nusantara yang berasal dari kata empu yang artinya rimpang.  Empon-empon adalah sebutan untuk tanaman herbal dengan bentuk rimpang seperti, jahe, temulawak, kunyit, kencur, sunti dan temu putih.

 

Jamu ini diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah beragam penyakit.  Semua rempah dipercaya punya manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh, tidak heran hampir semua jenis rempah yang ada kerap dijadikan sebagai bahan-bahan jamu.

 

BACA JUGA:Lezat Bingit! Puding Lumut Butter Coffee Wajib dicoba 

Bukan hanya itu rempah yang berbentuk rimpang ada juga rempah lainnya, seperti halnya kayu manis, cengkaeh, kapulaga, serai.

 

Beberapa manfaat dari jamu empon-empon ini adalah sebagai berikut ; Meningkatkan daya tahan tubuh, Menjaga kesehatan pencernaan, menghangatkan tubuh, mencegah flu, ternyata banyak sekali manfaatnya ya.

 

Aturan minum empon-empon pada dasarnya masih dalam kelompok jamu, sebagai minuman atau pengobatan tradisional jadi Anda bisa mengonsumsinya setiap hari secara teratur, tetapi berbahan alami jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Racikan empon-empon  dapat ditemukan di pasar tradisional dalam bentuk rempah yang sudah kering, dan teman-teman bisa langsung memsak jamu ini dirumah,

 

 BACA JUGA:Dari pada Beli di Luar, Lebih Baik Buat Sendiri Kue Apem Gula Merah

 

Nah, Anda tertarik berikut resep Jamu Empon-empon;

Empon-Empon Berkhasiat

Bahan-bahannya;

6 cm jahe merah, kupas, cuci lalu iris halus-halus

3 cm kunyit

2 cm temulawak, kupas, cuci lalu iris halus-halus

2 batang serai, memarkan

1 sdm gula merah (opsional)

500 ml air

BACA JUGA:Desert Taro Sago Jelly Drink Menemani Weekend Anda 

 

Cara membuatnnya;

- Masak air bersama jahe, kunyit, temulawak dan serai hingga mendidik, lalu kecilkan api masak selama 15 menit.

- Masukkan gula merah, aduk rata, masak hingga gula larut, Angkat.

- Diamkan selama 5 menit dan saring.  Tuangkan ke dalam gelas saji, lalu sajikan bersama keluarga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: