Honda

Resep Bolu Sarang Semut Cuma Pakai 3 Telur

Resep Bolu Sarang Semut Cuma Pakai 3 Telur

Bolu Saramg Semut--IG@aniktriwia

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kue sarang semut sangat dikenal dimasyarakat, kue ini biasanya disajikan juga kalau ada acara hajatan, baik nikahan maupun pengajian.

 

kue ini adalah salah satu kue khas Indonesia.  Disebut sarang semut karena bentuknya berongga-rongga seperti sarang semut.

 

Warna coklat kue berasal dari campuran karamel. Tekstur kue ini lembut, empuk dan kenyal.  dalam hal ini perhatikan baik-baik warna karamel ketika dimasak jangan sampai gosong atau berwarna pekat karena berakibat rasanya akan pahit.

 

Bolu Sarang semut sangatlah praktis dan mudah dibuat.  teman-teman bisa menyajikannya sebagai cemilan sore yang sangat nikmat untuk keluarga tercinta, maupun untuk orang-orang terdekat.

 

BACA JUGA:Tahu Popcorn Cemilan Kriuk Gurih dan Mudah dibuat

Cara membuat resep bolu sarang semut pun sederhana dan bahan-bahannya mudah didapat serta terjual dimana saja.  Rasanya yang manis serta bentuknya yang sangat khas menjadikan bolu satu ini jadi kegemaran setiap masyarakat Indonesia.

 

Selain dibuat dalam ukuran loyang besar, teman-teman juga bisa membuatnya dalam bentuk minimalis dan cantik.

 

berikut ini resep bolu sarang semut dilansir dari laman @husnacookings Jangan ragu untuk mencobannya, selamat mencoba;

 

Bolu Sarang Semut 3 Telur

by @husnacookings

 

Bahan-bahan;

 16 sdm gula pasir

250 ml air panas

  3 butir telur

  2 saset kental manis

  9 sdm terigu serbaguna

  9 sdm tepung tapioka

  1 sdt perisa vanila

  8 sdm margarin cair

 

BACA JUGA:Lezat Bingit! Puding Lumut Butter Coffee Wajib dicoba 

Cara Membuatnya;

 

- Masukan gula ke dalam/wajan anti lengket. lalu nyalakan api kecil saja.  Biarkan gulannya keluar karamel dan mulai meleleh. Setelah mulai meleleh, baru aduk hingga gula benar-benar mencair dan gak ada lagi sisa butiran gula, lalu tuang air panas secara bertahap, harus hati-hati karena akan keluar percikan.  Sambil di tuang sambil diaduk sampai semua air masuk dan mendidih.  Setelah mendidih, angkat dan tunggu hangat/dingin.

 

- Pecahkan telus, tambah kental manis, kosok pakai whisk sampai rata.  Ayak terigu, tapioka, baking powder diatas adonan telur, tambah vanila.  Lalu aduk rata, tambahkan air karamel yang sudah hangat tadi sedikit demi sedikit  sambil di aduk hingga rata.  Terakhir, tambahkan margarin cair, aduk lagi sampai benar-benar rata.

 

- Siapkan loyang, oles margarin dan taburi terigu tipis-tipis.  letakan saringan di atasnya lalu tuang adonan(kita saring agar gak ada gumpalan-gumpalan).

 

BACA JUGA:Dari pada Beli di Luar, Lebih Baik Buat Sendiri Kue Apem Gula Merah

- Siap kan oven letakan loyang berisi adonan.  Panggang dengan api kecil selama 20 menit.

 

- Setelah matang, angkat dan biarkan suhu ruangan.  Potong sesuai selera lalu sajikan dengan teh atau kopi hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: