Honda

Suka Pusing Saat Bangun Tidur? Ini Solusinya

Suka Pusing Saat Bangun Tidur? Ini Solusinya

Ilustrasi Bangun Tidur--Freeik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Terdapat alasan kenapa bangun tidur kepala pusing diakibatkan perubahan keseimbangan saat tubuh menyesuaikan diri dari posisi berbaring ke berdiri.

Tak hanya, pusing saat bangun tidur juga dapat terjadi pada saat cairan di bagian dalam telinga bergeser atau berubah posisi dalam waktu cepat.

Dikutip dari alodokter.com Keluhan pusing ketika baru bangun tidur bisa muncul secara perlahan atau tiba-tiba. Ada gejala pusing yang berlangsung singkat dan mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit.

Namun, terkadang pusing saat baru bangun tidur bisa berlangsung hingga beberapa jam dan membuat penderitanya sulit beraktivitas.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil


Ada banyak kemungkinan penyebab pusing saat bangun tidur, di antaranya:

1. Hipotensi ortostatik

Hipotensi ortostatik merupakan kondisi menurunnya tekanan darah saat seseorang bangun dari posisi duduk atau berbaring. Oleh sebab itu, kondisi ini disebut juga hipotensi postural.

2. Dehidrasi

Salah satu penyebab pusing saat bangun tidur yang sering terjadi adalah dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh akan terasa lemas, pusing, dan kehausan. Dehidrasi yang membuat kepala terasa pusing saat bangun tidur bisa disebabkan oleh tidur di tempat yang bersuhu panas (hipertermia), kurang minum air putih, atau terlalu banyak minum kopi, teh, dan minuman beralkohol sebelum tidur. Selain itu, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh muntah-muntah dan diare.

 

BACA JUGA:Wajib Diketahui! Inilah 5 Kandungan Vitamin yang Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit



3. Vertigo

Orang yang menderita vertigo dapat merasakan gejala berupa kepala terasa berputar atau lingkungan di sekitarnya seakan-akan melayang.

4. Gula darah rendah

Pusing setelah bangun tidur juga bisa menjadi pertanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh Anda rendah atau hipoglikemia. Berkurangnya kadar gula darah ini sering terjadi pada penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan antidiabetes, seperti insulin.

5. Efek samping obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping pusing. Obat-obatan tersebut meliputi antidepresan, antikejang, antihistamin, obat penurun tekanan darah, diuretik, obat penenang, dan antibiotik.

 

BACA JUGA:Turunkan Gula Darah Secara Alami, Cukup Minum Ini



Cara Mengurangi Risiko Pusing Saat Bangun Tidur Bila pusing setelah bangun tidur disebabkan oleh penyakit tertentu, maka mengobati penyakit tersebut adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi keluhan ini.

Selain itu, ada langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pusing saat bangun tidur, antara lain:

•    Bangun dari posisi berbaring secara perlahan dan jangan terburu-buru.
•    Minum air putih setidaknya 1 gelas sebelum tidur.
•    Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein sebelum tidur.
•    Konsumsi makanan yang bergizi.
•    Rutin berolahraga.
•    Kelola stres dengan baik.
•    Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, khususnya jika Anda memiliki penyakit diabetes atau sedang mengonsumsi obat diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: