Honda

4 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Populer di Palembang

4 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Populer di Palembang

Wisata Religi di Al-qur' an Al-akbar, salah satu wisata favorit di Palembang yang bisa dikunjungi untuk ngabuburit-Foto : Alhadi Farid-Palpres. Com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Bagi kamu yang suka traveling, khususnya traveling ke tempat-tempat religi. Wajib banget nih untuk mengujungi beberapa rekomendasi destinasi wisata religi yang ada di kota Palembang.

 

Selain dikenal dengan kota Pempek, Kota Palembang ternyata juga memiliki destinasi wisata religi yang tak kalah jauh dengan kota-kota lainnya lho. 

 

Nah, bagi kamu yang tinggal di Kota Palembang mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat-tempat wisata religi berikut ini, namun apakah kamu sudah pernah mengunjunginya?

 

Apakah kamu pernah berpikir seberapa indah dan megahnya tempat tersebut? atau seberapa unik dan seberapa dalam makna yang dihadirkan disana? Untuk menjawab pertanyaan kamu tersebut, yuk simak penjelasan beberapa rekomendasi berikut ini.

 

BACA JUGA:Pemasangan Lift Jembatan Ampera Merusak Landmark Kota Palembang

 

Dilansir dari catatanprigandi.com berikut tempat wisata religi yang ada di kota Palembang yang wajib kamu kunjungi.

 

1. Al-Quran Raksasa atau Bait Al-Quran Akbar

 

Bukan tanpa artian lho mengapa tempat wisata satu ini memiliki nama Al-Quran raksasa, yups karena ukurannya yang besar.

 

Al-Quran ini di buat selama 7 tahun yang di mulai dari tahun 2002 oleh Kiagus Syofwatillah Mohzaib.

 

Lokasinya terletak di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Jalan Pangeran Sido Ing Lautan Lrg Budiman, Kelurahan 36 Ilir, Palembang, tidak jauh dari Jembatan Musi II. Hanya sekitar 15 kilometer. Untuk harga tiket masuk ke Al-quran Al-akbar dewasa di patok harga Rp20 ribu dan untuk anak-anak cuma Rp15 ribu.

 

BACA JUGA:Inilah 39 Wisata Edukasi di Palembang Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

 

2. Masjid Agung 

 

Wisata religi selalu dikaitkan dengan tempat beribadah seperti masjid.

 

Nah salah satu tempat religi yang wajib kamu kunjungi di kota Palembang yakni Masjid Agung yang ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

 

Untuk kamu mungkin tempat ini sudah tidak asing lagi  karena letaknya yang strategis berada di pusat kota Palembang.

 

Masjid ini memiliki keuinikan serta ciri khas yang memadukan tiga kebudayaan yaitu Indonesia, Eropa dan juga China.

 

Masjid ini merupakan masjid peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo pada abad ke 18, dan pernah terbakar pada saat perang antara Belanda dan masyarakat Palembang Darussalam pada tahun 1659 kemudian dibangun kembali oleh sultan pada tahun 1738.

 

BACA JUGA:Ini Bedanya Salat Dzuhur di Masjid Agung An-Nur

 

3. Masjid Cheng Ho

 

Sesuai dengan namanya masjid ini memiliki arsitektur yang menyerupai bangunan china. Lokasinya jauh dari pusat kota, karena terletak di area Jakabaring.

 

Masyarakat meyakini bahwa Laksamana Cheng Ho pernah berkunjung ke Palembang untuk menyebarkan ajaran Islam melalui perdagangan.

 

Masjid Cheng Ho memiliki nama lengkap yaitu Masjid Al-Islam Cheng Ho Sriwijaya yang didirikan pada bulan September 2005.

 

Bangunan masjid didominasi dengan warna merah dan memiliki dua menara dengan nama masing-masing Habluminallah dan Habluminannas, yang memiliki tingkat lima dan tinggi 17 meter yang melambangkan jumlah dan rakaart pada shalat.

 

BACA JUGA:Menelusuri Peradaban Tionghoa di Bumi Sriwijaya, Melalui Masjid Cheng Ho

 

4. Pulau kemaro

 

Pulau Kemaro terkenal dengan wisata religinya dengan sebuah kelentengnya yang unik.

 

Pulau Kemaro sendiri merupakan tempat rekreasi yang terkenal di Palembang dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

 

Meskipun, keberadaan Pulau Kemaro berada di tengah-tengah Sungai Musi, namun konon katanya Pulau Kemaro ini tidak pernah tenggelam meski air sungai mengalami pasang yang tinggi.

 

Akses menuju Pulau Kemaro sangatlah mudah. Wisatawan dapat menempuh perjalanan ke Pulau Kemaro dari Dermaga Benteng Kuto Besak atau lewat Dermaga Pabrik Udang PT Lestari Magris dengan menyewa perahu dengan berbagai ukuran sesuai kapasitas dengan ongkos pulang pergi 50k-100k per orang.

 

BACA JUGA:Wisata Pulau Kemaro Simpan Legenda Cinta, Lokasinya Dekat Pameran Rakernas IX JKPI 2022

 

Perjalanan ke Pulau Kemaro ditempuh dalam waktu sekitar 25 - 35 menit.

 

Kapal yang disewa akan menunggu wisatawan selama kunjungan ke Pulau Kemaro dan akan mengantar kembali ke Dermaga.

 

Itulah 4 rekomendasi wisata religi yang wajib kamu kunjungi, karena biasanya kita menganggapnya remeh karena sudah populer dan banyak di kunjungi orang.

 

Jadi sebagian orang memilih untuk berkunjung ketempat lain, padahal kamu juga perlu lho mengunjungi tempat-tempat yang disebutkan di atas agar ilmu mengenai sejarah wisata religi bisa bertambah juga. Selamat berkunjung dan semoga membantu ya!

 

BACA JUGA:Ada Lambang Cinta di Pulau Kemaro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: