Honda

Fakta Menarik Kota Batusangkar, Icon Kota Budaya di Sumatera Barat

Fakta Menarik Kota Batusangkar, Icon Kota Budaya di Sumatera Barat

Istana Pagaruyung atau Istano Baso adalah salah satu destinasi wisata budaya paling terkenal di Sumatera Barat-google maps-ferryfebrian1980

PALEMBANG, PALPRES.COM – Batusangkar merupakan sebuah kota kecil di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang menyimpan destinasi alam dan budaya yang beragam dan unik.

Bahkan, Kota Batusangkar menjadi icon wisata budaya dari Porvinsi Sumatera Barat, hingga balapan sapi pun ada di sini, loh.

Kota Batusangkar merupakan kota kecil yang tak kalah menariknya dengan Padang dan terletak di dataran tinggi yang berudara sejuk.

Rumah-rumah adat beratap runcing, kampung-kampung yang dalam kitab adat Minangkabau disebut sebagai daerah asal nenek moyang Orang Minangkabau, berjejeran di kaki Gunung Merapi.

BACA JUGA:Pempek Palembang Menuju Warisan Budaya Dunia

Daerah ini dapat ditempuh dengan tiga jam berkendara dari Kota Padang, ibukota provinsi Sumatra Barat. Banyak jalan menuju Batusangkar, salah satunya melewati Danau Singkarak.

Dari Kota Padang, kendaraan yang kita tumpangi akan melintas hutan yang rindang hingga ke Danau Singkarak.

Jalan berliku di pinggir danau akan melenakan mata melihat hamparan danau selauas mata memandang dan perbukitan berlapis hijau mengelilinginya.

Lantas, apa saja wisata budaya yang bisa kita pelajari di Batusangkar ini? Simak sampai habis penjelasan berikut ya.

BACA JUGA:Anugerah Batanghari Sembilan, Apresiasi Seniman Lestarikan Seni Budaya Sumsel

1. Istana Pagaruyung

Terletak di Kenagarian Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Istana Pagaruyung atau Istano Baso adalah salah satu destinasi wisata budaya paling terkenal di Sumatera Barat.

Istana ini merupakan tempat tinggal keluarga Kerajaan Pagaruyung hingga tahun 1833. Bentuknya hampir sama dengan bangunan khas suku Minangkabau.

Sekarang, Istano Basa Pagaruyung menjadi museum dan pusat atraksi wisata di Batusangkar. Hal ini dikarenakan Istana Pagaruyung beberapa kali mengalami kebakaran, yakni pada tahun 1804, 1966 dan 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: