Honda

5 Jenis Buah-buahan Yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

5 Jenis Buah-buahan Yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Buah yang perlu dihindari untuk penderita diabetes--Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.com -  Menderita diabetes bukanlah akhir dari segalanya. Selama teman-teman mengetahui pola hidup yang tepat, sehingga meskipun menderita diabetes bisa tetap menjalani hidup normal. 

 

Agar pasien diabetes dapat menjalani hidup sehat dan normal, maka hal utama yang penting untuk dilakukan adalah kadar gula darah selalu dalam dalam kisaran yang direkomendasikan oleh dokter. 

 

Hal ini memang menjadi tantangan kadar gula darah dapat berubah karena banyak hal  secara tidak terduga.  Untuk itulah, penderita diabetes harus memahami panduan pola hidup, apa saja aturan dan pantangan yang perlu ditaati. 

 

Penderita diabetes harus menjalankan diet sehat dan seimbang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini buah yang baik dan buruk dikonsumsi penderita diabetes.

 

BACA JUGA:Maaf, Tenaga Honorer Ini Tidak Masuk Kategori Diangkat Jadi PNS 

 

1. Nanas 

 

Nanas buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.  Sebab, nanas masuk dalam golongan makanan yang memiliki skor indeks glikemik sedang yang bisa memicu naiknya kadar gula darah. 

 

Buah nanas mengandung kadar glukosa yang tinggi sekitar 10 gram pada setiap porsinya. Buah nanas juga mengandung indeks glikemik (GI) yang cukup tinggi pada angka 56. Disarankan untuk membatasi konsumsi nanas sebagai makanan sehari-hari.

 

2. Buah-buahan kering

 

Penderita diabetes bisa memasukkan buah kering ke dalam makanan, asalkan tidak dikeringkan dengan tambahan gula.  

 

BACA JUGA:Selain Good Looking, 5 Artis Terkenal Ini Berdarah Palembang

 

Dalam sebuah penelitian tahun 2017, para peneliti menemukan korelasi positif antara makan kacang dan buah kering serta pencegahan diabetes  tipe 2.  

 

Buah kering bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, tapi mereka harus memperhatikan fakta bahwa ukuran porsinya harus kecil. 

 

3. Mangga 

 

Mangga salah satu buah yang tidak ramah untuk penderita diabetes. Sebab, mangga mengandung gula dan karbohidrat tinggi. 

 

Sebagian besar nutrisi yang terkandung dalam buah mangga adalah kalori sebanyak 99 kkal dalam satu cangkir atau 165 grams irisan mangga. 

 

BACA JUGA:Tak Kalah dengan Luar Negeri, Palembang Juga Punya 5 Tempat Streat Food yang Hits Loh!

 

Setidaknya, 90 persen kalori dalam mangga berasal dari gula. Berkaca dari fakta tersebut, mangga merupakan salah satu kontributor dalam peningkatan gula darah bagi penderita diabetes.

 

4. Semangka

 

Semangka buah kaya air yang harus dihindari oleh penderita diabetes.  Alasannya, semangka memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa memicu naiknya kadar gula darah. 

 

Selain itu, semangka mengandung gula tinggi. Dalam 286 gram semangka mengandung sekitar 17,7 gram gula.

 

BACA JUGA: Alhamdulillah, Mekanisme Tuntaskan PPPK 2023 Direstui Presiden Jokowi

 

5. Pisang

 

Selain apel, buah pisang adalah buah yang mengandung karbohidrat tinggi yang menjadi daftar buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

 

Setiap porsinya, pisang mengandung 23 gram karbohidrat. Sebaiknya, para penderita diabetes dapat membatasi konsumsi pisang setiap harinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: