Honda

Nataru 2023, Tol Cisumdawu dan Japek Selatan Dibuka Meski Masih Dalam Perbaikan, Harap Berhati-hati!

Nataru 2023, Tol Cisumdawu dan Japek Selatan Dibuka Meski Masih Dalam Perbaikan, Harap Berhati-hati!

JAWA BARAT, PALPRES.COMTol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang – Dawuan) dan Japek (Jakarta – Cikampek) Selatan akan dibuka pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Dua jalur tol ini dinilai sudah layak jalan meskipun masih ada sejumlah pekerjaan berkaitan dengan perapian di beberapa titik.

Informasi yang dihimpun, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 Triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah. Seksi 1 sudah operasional 100 persen.

BACA JUGA:CATAT! 11 Bansos Akan Dilanjutkan Tahun 2023, Satu Keluarga Bisa Dapat Rp20 Juta

Sedangkan progres konstruksi untuk Seksi 2 sudah mencapai 97,94 persen dan telah dilaksanakan uji laik fungsi.
Selanjutnya Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen dan telah dilaksanakan uji laik fungsi.

Untuk pembangunan Seksi IV Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi V A&B Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan.

Begitu juga dengan jalan Tol Jakarta–Cikampek (Japek) II Selatan.

BACA JUGA:Kemenaker dan Kemensos Kompak Hapus Bansos Tahun 2023, Ini Daftarnya

Japek II Selatan ini  merupakan jalan Tol yang sedang dalam tahap pembangunan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar – Sadang) telah mencapai 62,17 persen, ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2022.

“Jadi persiapan jelang nataru terus kita lakukan, hari ini kita menerima paparan dari beberapa kasatlantas wilayah dan pengelola jalan tol, kita sudah melihat tol di Cisumdawu dan Japek Selatan karena sesuai dengan informasi dua jalur tol ini akan difungsikan pada saat pengamanan Nataru,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melansir dari korlantas.polri.go.id.

Jenderal bintang dua ini juga menjelaskan bahwa tol tersebut memang sudah dinyatakan layak untuk dilalui, meskipun masih ada sejumlah pekerjaan berkaitan dengan perapian di beberapa titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: