Honda

Wow! Jumlah Anak Tangga Rumah Panggong Belitung Bisa Bedakan Bangsawan atau Rakyat Biasa


Wow! Jumlah Anak Tangga Rumah Panggong Belitung Bisa Bedakan Bangsawan atau Rakyat Biasa


Rumah Panggong Belitung- Sigit Wibisono-Kemenparekraf

PALEMBANG, PALPRES.COM – Rumah Panggong Belitung merupakan salah satu rumah adat khas masyarakat Belitung berupa rumah panggung yang bisa melihat pemilik rumahnya dari anak tangganya.

Sebab, kalau bukan bangsawan, rumah panggongnya tak boleh memiliki lebih dari tiga anak tangga.

Selain kental dengan budaya melayu, rumah adat ini juga menyimpan beberapa fakta menarik yakni bagi tamu yang berkunjung khususnya laki-laki hanya boleh diterima di teras rumah saja.

Oleh sebab itulah, bagi Anda penikmat wisata sejarah dan budaya, wisata ke rumah adat Belitung merupakan alternatif yang wajib dicoba untuk menambah pengetahuan kalian mengenai sejarah dan budaya Rumah Panggong Belitong.

BACA JUGA:Mantap! Kini Sumsel Miliki 44 Warisan Budaya Takbenda

Rumah adat Belitung kini jumlahnya sangat sedikit. Namun, ketika anda sudah di Belitung mudah untuk menemukan rumah adat tersebut. Terletak persis di tengah kota Tanjung Pandan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, persis di samping Kantor Bupati Belitung.

Berikut 5 fakta menarik Rumah Panggong Belitong yang jarang diketahui, yang dikutip dari Kemenparekraf.

1. Kental Unsur Budaya Melayu

Melihat rumah adat Belitung sangat kental dengan arsitektur rumah dan aliran budaya Melayu yang biasa kita temukan di daerah-daerah sepanjang pesisir Sumatera dan Malaka.

Seperti rumah khas melayu pada umumnya, rumah adat Belitung ada tiga tipe. Yaitu Arsitektur Melayu Awal, Melayu Bubung Panjang dan Melayu Bubung Limas.

BACA JUGA:Rumah Sakit Diperluas, RS dr AK Gani Klaim Tetap Jaga Cagar Budaya

Rumah Melayu Awal berupa rumah panggung kayu dengan material seperti kayu, bambu, rotan, akar pohon, daun-daun atau alang-alang yang tumbuh dan mudah diperoleh di sekitar pemukiman.

Rumah adat Belitung ini berbentuk limas, dahulu rumah limas merupakan kebanggaan pemiliknya. Dari bentuk rumahnya, orang bisa tahu siapa pemilik rumah tersebut.

Ornamen lainnya yang terdapat di rumah bangsawan merupakan perpaduan dari model suku lain, tergantung silsilah keluarga bangsawan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: