Honda

Wow! Jumlah Anak Tangga Rumah Panggong Belitung Bisa Bedakan Bangsawan atau Rakyat Biasa


Wow! Jumlah Anak Tangga Rumah Panggong Belitung Bisa Bedakan Bangsawan atau Rakyat Biasa


Rumah Panggong Belitung- Sigit Wibisono-Kemenparekraf

Ruang utama dalam rumah-rumah di Belitung biasa dijadikan sebagai tempat dilakukannya semua kegiatan keluarga, seperti kumpul-kumpul keluarga maupun untuk mengaji.

Konsep rumah adat Belitung yang terbuka menjadikan rumah ini terlihat begitu lapang tanpa ada sekat-sekat di dalamnya. Orang tua dan anak tidur bersama di ruangan tersebut menggunakan kasur tipis atau tikar.

5. Pondasi Batu Granit


Jika di wilayah lain di Indonesia, batu granit digunakan sebagai dinding atau lantai rumah. Di Belitung batu granit dijadikan sebagai fondasi rumah.

Pemakaian batu granit, dikarenakan pulau ini menyimpan banyak batu granit, sehingga mudah didapat serta batu granit juga terkenal kuat. Maka rumah kayu ditopang menjadi lebih kuat.

Selain fondasi, semuanya terbuat dari kayu, mulai lantai menggunakan kayu ulin, tiang penyangga dari kayu nyatoh, sedangkan atap menggunakan kayu medang dan seru. Kayu nyatoh terkenal salah satu kayu yang berkualitas di Bangka Belitung.

Untuk melihat secara langsung bentuk rumah adat Belitung, kita bisa mengunjungi Rumah adat Belitung ini terletak di Kota Tanjung Pandan. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani, persis di samping Kantor Bupati Belitung.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Dijelajahi, Ada Sungai Musi Palembang Lho!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: