Honda

Sayonara! BBM Ini akan Susul Premium Menghilang di SPBU Tahun 2023

Sayonara! BBM Ini akan Susul Premium Menghilang di SPBU Tahun 2023

Aktivitas di SPBU Beracung Kabupaten PALI.-Berry Palpres.com-palpres.com

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan menghentikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) ditahun 2023 mendatang.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 62.K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar Yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Pengisian Bahan Bakar Nelayan. 

Dalam aturan terbaru ini, memutuskan 3 jenis BBM dilarang dijual belikan di seluruh SPBU di Indonesia. 

Adapun ketiga jenis BBM yang dilarang dijual adalah BBM beroktan rendah yaitu RON 87, RON 88 dan RON 89. 

BACA JUGA:Harga BBM Pengganti Pertalite Hanya Rp 3 Ribu Perliter

Ketiga jenis BBM ini tidak boleh lagi beredar di Indonesia. 

Dikutip dari situs resmi Pertamina, BBM dengan kadar oktan RON 87 dan RON 88 memiliki merek dagang premium

Sedangkan BBM dengan kadar oktan RON 89 memiliki merek dagang Revvo 89. BBM jenis ini merupakan produk perusahaan swasta penyedia BBM PT Vivo Energy Indonesia.

“Produk yang dijual Vivo yakni Revvo 89 memenuhi karakteristik dari RON 88. Sesuai ketentuan maka produk tersebut akan dihapus ditahun 2023,”ungkap Direktur Teknik dan Lingkungan Mirza Mahendra.

BACA JUGA:Beli BBM Jenis Ini Siap-siap Antri di SPBU, Cek Harga BBM Seluruh Indonesia 16 Desember 2022

Untuk itu baik Pertamina maupun Vivo Energi Indonesia hanya mempunyai waktu hingga 31 Desember 2022 untuk menjual BBM di bawah oktan 90. Karena per 1 Januari 2023 BBM jenis tersebut tidak boleh lagi beredar di SPBU. 

Sementara itu, manajemen Vivo Energi Indonesia juga sepakat untuk mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait larangan menyalurkan BBM di bawah Oktan 90. 

"PT Vivo Energy Indonesia telah mengambil Langkah‐langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini," ungkap Manajemen Vivo dalam keterangan tertulisnya.

Mungkin masih banyak yang mengetahui perbedaan antara BBM RON 88 (premium) yang akan dihapus tahun 2023 dengan BBM RON 90 (Pertalite).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: