Honda

Belajar Jurnalistik ke Missouri, Maspril: Kuncinya Belajar Karena Wartawan Itu Intellectual Action

Belajar Jurnalistik ke Missouri, Maspril: Kuncinya Belajar Karena Wartawan Itu Intellectual Action

Buku ‘Belajar Jurnalistik ke Missouri’ direkomendasikan untuk dibaca karena mengulas secara mendalam tentang konvergensi, tantangan dan solusi yang dihadapi jurnalisme-Foto: Kgs Yahya/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kitab opini Maspril Aries berjudul Belajar Jurnalistik ke Missouri mengajak pembaca untuk terus belajar.

Begitu juga dengan orang yang berprofesi sebagai wartawan.

Bahkan Maspril menyebut jika seorang wartawan merupakan intellectual action yang selalu berkutat dengan ilmu dan mengimplementasikan dengan tindakan.

“Kuncinya belajar karena ilmu jurnalistik itu terus berkembang,” kata penulis buku Belajar Jurnalistik ke Missouri kepada Palpres.com, Kamis 5 Januari 2023.

BACA JUGA:Palpres.com Tembus 4,5 Juta Pembaca, Diganjar Keris ‘Sakti’ Dirut SEG-RBMG

Dari alasan itulah, sambung wartawan senior asal Palembang ini, dia menulis buku Belajar Jurnalistik ke Missouri.

Buku yang diterbitkan oleh Pustaka LaBRAK merupakan pengalaman dirinya saat berkunjung ke Missouri bersama Pemprov Sumsel pada tahun 2014 lalu.

Saat itu, dia melihat fasilitas yang dimiliki Missouri School of Journalism sebagai salah satu sekolah jurnalis tertua di dunia.

Di dalam sejarahnya, School of Journalism dibuka atas perjuangan wartawan Amerika dan pendidik, Walter Williams.

BACA JUGA:Buku ‘Belajar Jurnalistik ke Missouri’: Ulas Mendalam Konvergensi, Masalah dan Jawaban Jurnalisme Modern

“Setelah melobi majelis umum dan kurator akhirnya menyetujui penambahan College of Journalism pada tahun 1905 dan resmi dibuka tahun 1908 dengan 97 siswa,” ceritanya.

Maspril menjelaskan, dunia jurnalisme mengakui bahwa sekolah jurnalis di Amerika Serikat memiliki kemajuan dan perkembangan ilmu jurnalistik yang berkembang pesat.

“Keinginan Gubernur Sumsel waktu itu, Alex Noerdin menjalin kerjasama dengan School of Journalism dari University of Missouri ini. Pendidikan Jurnalisme ini menjadi jawaban masalah yang pernah menjadi sorotan pada puncak HPN di Jambi,” jelas Maspril.

Dengan kata lain, Gubernur Sumsel waktu itu, Alex Noerdin, mendorong dan menjadikan pendidikan sebagai hulu dari proses pengembangan pers dan jurnalisme yang bermutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: