Honda

Saluran Irigasi 800 Meter Aliri Ratusan Hektar Sawah Desa Perangai

Saluran Irigasi 800 Meter Aliri Ratusan Hektar Sawah Desa Perangai

Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengecek pembangunan saluran irigasi, di areal persawahan Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, belum lama ini.-Diskominfo Lahat-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pembangunan saluran irigasi sepanjang 800 meter, yang berada tepat di areal persawahan di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat sepenuhnya selesai dikerjakan.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH menyempatkan diri mengecek bangunan yang mengaliri ratusan hektar sawah, yang memang sangat bergantung kepada irigasi tersebut, sehingga padi yang ditanam mampu menghasilkan ratusan ton beras.

"Setelah meresmikan bangunan Masjid Nurul Iman, saya turun dari kendaraan dinas dan melihat kualitas dari saluran irigasi ini," ungkapnya, belum lama ini.

Tentunya, lanjut dirinya, irigasi yang 100 persen dibangun menggunakan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), mampu membantu petani menggarap sawah lebih giat lagi.

"Di areal Merapi Selatan ini, penduduknya bergantung kepada bertani serta berkebun, sehingga pengairan paling diutamakan membasahi seluruh hamparan sawah yang luas ini,” jelasnya.

Cik Ujang mengemukakan, kepada pemerintah desa (Pemdes) Perangai, agar sekiranya bersama-sama dengan masyarakat bisa menjaga bangunan tersebut sehingga terpelihara.

"Dengan begitu, akan memberikan kemudahan bagi petani kedepannya dikarenakan air yang bersumber dari sungai bisa terus mengaliri sawah," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Perangai, Sarial Edwin mengemukakan, untuk saluran irigasi sejauh ini tidak ada persoalan lagi, semuanya telah selesai dikerjakan.

"Dan kini areal persawahan disinipun bisa mendapatkan dan tidak kekurangan menerima air, terlebih lagi, infrastrukturnya sendiri persis dipinggir jalan," sebutnya.

Sehingga, masih kata dia, mudah untuk mengontrol dan memeriksanya, sebab, dengan adanya irigasi ini petani tidak perlu lagi khawatir kekurangan air.

"Dimana, air akan berlimpah dengan dikontrol dari pintu irigasi, dan setahunnya bisa menanam padi hingga 3 kali," urai Sarial.

Sarial Edwin mengharapkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, atas pembangunan irigasi yang kini bisa mengaliri ratusan hektar sawah milik petani.

"Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar sedikitpun tidak menemui permasalahan yang berarti, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Lahat," tukasnya.

Terpisah, Camat Merapi Selatan, A Hadi Wijaya menuturkan, pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pemkab Lahat, seperti saluran irigasi, pengaspalan akses jalan dan lain sebagainya begitu membantu masyarakat secara keseluruhan.

"Dengan demikian, akan memberikan manfaat sebesar-besarnya demi kesejahteraan rakyat serta kemajuan desa itu sendiri, pastinya bangunan tersebut akan kami jaga sebaik mungkin," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com