Honda

Resep Jangan Lombok Sayur Pedas Ala Rumahan Dijamin Nambah Nasi Terus

Resep Jangan Lombok Sayur Pedas Ala Rumahan Dijamin Nambah Nasi Terus

Sayur lombok ijo atau sayur cabai hijau sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah maupun Yogyakarta.-cookpad.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Jangan Lombok atau sayur memiliki cita rasa menggugah selera, sayur ini berkuah segar ini cocok disantap bersama nasi hangat.

Sama seperti namanya Lombok, sayur satu ini biasanya terdiri dari isian potongan cabai. Nah, kalianpun dapat menambah isian lain seperti tahu dan juga tempe.

Sayur lombok ijo atau sayur cabai hijau sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah maupun Yogyakarta. Menyantapnya dengan nasi hangat akan membuat cita rasa sayur lombok ijo semakin nikmat.

Bahan-bahan dari sayur ini cukup ekonomis dan terjangkau. Kamu bisa membuat kreasi sayur lombok ijo dengan bahan seadanya. Selain itu, cara memasaknya pun sederhana dan praktis. Misalnya menggunakan bahan tempe yang dipadukan bersama kuah santan.

 

BACA JUGA: Resep Cireng Nasi Rasanya Gurih, Renyah, Kenyal Menjadi Cemilan Kamu Disore Hari

Namun supaya nggak bosan pakai tempe, ada beberapa resep menarik yang bisa kamu coba di rumah lho. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (20/5), 10 resep sayur kreasi lombok ijo yang sederhana dan lezat.

Hidangan khas Kidul Yogyakarta, tempe dimasak dalam santan dan cabai hijau. Bisa disajikan dengan telur asin atau ikan asin goreng. Pedas segar dan gurih menyatu jadi teman nasi hangat.

Sajian jangan lombok merupakan salah satu olahan sayur khas Wonogiri, Jawa Tengah. Sekilas bentuknya mirip dengan lodeh karena menggunakan santan dan berwarna putih, tetapi bedanya olahan jangan lombok dibuat dari bumbu dasar yang diulek.

Sayur jangan lombok terdiri dari irisan cabai, potongan tempe dan tahu goreng, serta diberi santan sebagai kuahnya. Sajian jangan lombok bisa jadi ide olahan sayur praktis bila kamu bosan dengan sayur biasa.

 

BACA JUGA:Resep Tumis Kikil Buncis Cabe Ijo Bisa Jadi Menu Sahur Menyambut Ramadan 2023

JANGAN LOMBOK
By: @dapurcantikbunda2

Bahan :
1bh Tempe (potong sesuai selera)
5bh cabe merah besar,iris serong
10bh cabe hijau besar,iris serong
20bh rawit utuh
8siung bawang merah,iris
8siung bawang putih,iris
2lmbr daun salam
2lmbr daun jeruk
1btg sereh,geprek
700ml santan
Garam,gula merah sckpnya

BACA JUGA:Resep Lontong Sayur Gurih dan Nikmat Menu Sarapan Tradisional

Bumbu halus :
1cm kunyit
5cm lengkuas
2cm jahe
2cm kencur
1sdm rebon

Cara Membuat :
1. Tumis bawang merah,bawang putih beserta bumbu halus dan daun jeruk,daun salam,sereh tumis sampe harum.
2. Masukkan cabe,masak sampai cabe sedikit layu kemudian masukkan tempe aduk rata.
3. Tuang santan,kemudian tambahkan gatam,gula merah secukupnya masak aduk sampai kuah santan mendidih,koreksi rasa angkat dan sajikan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: