Honda

Resep Tumis Kikil Buncis Cabe Ijo Bisa Jadi Menu Sahur Menyambut Ramadan 2023

Resep Tumis Kikil Buncis Cabe Ijo Bisa Jadi Menu Sahur Menyambut Ramadan 2023

Resep Tumis Kikil Buncis Cabe Ijo Bisa Jadi Menu Sahur Menyambut Ramadan 2023-YouTube Kinanthi Kitchen -

PALEMBANG, PALPRES.COM - Hai teman-teman Kikil sendiri ialah daging yang terletak di bagian kaki sapi. Namun jangan salah, kikil ini bisa disulap menjadi suatu sajian yang nikmat dan amat menggugah selera.

Kikil bisa diolah menjadi makanan tumisan, oseng-oseng hingga dibumbui dengan campuran cabai hijau, yang pasti rasanya enak dan menggoda sekali.

Tahukah teman-teman bagian kulit, Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol secara cukup signifikan.

Berlebihan makan kikil dapat memicu hiperkolesterol, berisiko menyebabkan stroke, penyakit jantung dan pembuluh darah tersumbat.

 

BACA JUGA:Resep Lontong Sayur Gurih dan Nikmat Menu Sarapan Tradisional

Salah satu olahan kulit sapi, yaitu kikil mengandung protein yang berbentuk kolagen sekitar 30%. Mengonsumsi kikil dalam jumlah wajar tidak akan meningkatkan kolesterol secara drastis.

Selain mengandung kolagen, kikil juga memiliki sejumlah kandungan keratin dan elastin yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk struktur pada jaringan kulit.

Apalagi bagi penderita asam urat, berisiko untuk kambuh. Kikil mengandung purin tinggi, makannya teman-teman jagang terlalu berlebih untuk memakannya ya.

Bagian dari sapi ini terdiri dari lapisan lemak yang ada di kaki. Sekitar 120 gram kikil mengandung 20 gram protein, 25 gram lemak, dan 0 karbohidrat.

 

BACA JUGA:Resep Talam Sagu Mutiara Rekomendasi Takjil untuk Keluarga Menyambut Ramadan 2023

Sehingga ramah untuk kamu yang sedang menjalani diet keto. Dengan lemak baik, kikil juga bisa membuat perut terasa lebih kenyang.


TUMIS KIKIL BUNCIS CABE IJO
by : @dapur_mamaalba

Bahan yang diperlukan:
300gr kikil ( potong2)
100gr buncis (iris serong)
100gr cabe ijo (iris serong)
10buah cabe rawit utuh (opsional)
7buah bawang merah (iris)
4buah bawang putih (iris)
3lbr daun salam
3cm lengkuas
3lbr daun jeruk

 

BACA JUGA:Resep Rolade Tahu Oat Makan Sehat dan Bergizi, Tinggi Akan Serat


1btg serai
Gula merah secukupnya
Garam dan kaldu bubuk
Minyak


Cara memasak :
sebelum mengolah kikil, rebus dulu dengan air dan daun salam, serai dan jahe, masak sampai empuk, tiriskan, potong2 sesuai selera. - panaskan sedikit minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Masak sampai wangi. - tambahkan air ssecukupnya, masukkan kikil, buncis, cabe rawit dan cabe ijo. - bumbui dengan garam, gula merah dan kaldu bubuk.
masak sampai air agak menyusut, dan bumbu meresap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: