Honda

Hasil Survei Minat Baca Tinggi, PJ Bupati Musi Banyuasin Belum Merasa Puas, Kenapa Ya?

Hasil Survei Minat Baca Tinggi, PJ Bupati Musi Banyuasin Belum Merasa Puas, Kenapa Ya?

Kepala Perpusnas RI Memberikan Cinderamata Kepada PJ Bupati Musi Banyuasin.-Kominfo Muba For Palpres.com-

JAKARTA, PALPRES,COM- Berdasarkan hasil survei dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia minat baca pada tahun 2022 lalu di Kabupaten Musi Banyuasin masuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 60,48 persen.

Kendati begitu, PJ Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi Msi tidak merasa puas diri dan akan terus berupaya meningkatkan minat baca di Bumi Serasan Sekate dengan memaksimalkan fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan daerah.

Hal itu dibuktikan oleh PJ Bupati Musi Banyuasin dengan melakukan audensi langsung kepada Kepala Perpusnas RI, pada Rabu 1 Maret 2023 di Gedung Fasilitas Layanan Perpunas RI, Jakarta Pusat.

PJ Bupati Musi Banyuasin mengatakan,  upaya meningkatkan dan penyediaan sanpras membaca saat ini melibatkan berbagai pihak dan khususnya seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab.

BACA JUGA:Dulu Dibuat Cincin, 2 Koin Ini Kini Diburu Karena Nilainya Tak Masuk Akal, Kamu Punya?

“Ini menjadi tugas penting untuk dilakukan bersama-sama jangan hanya satu dinas saja,” kata Pj Bupati.

Diakuinya, Pemkab Muba juga akan segera menyediakan lahan di pusat Kota Sekayu untuk membangun fasilitas perpustakaan yang lebih baik dan lengkap. 

"Dalam hal ini kami juga meminta bantuan Perpusnas melalui sumber DAK agar bisa memback-up Pemkab Muba menyediakan fasilitas perpustakaan yang baik," tuturnya. 

Mantan Kepala Bappeda Muba ini menambahkan, untuk memfasilitasi minat baca ke pelosok desa, Pemkab Muba berharap Perpusnas memfasilitasi mobil perpustakaan keliling (perpusling) untuk mobile ke desa-desa. 

BACA JUGA:Emak-emak Pemilik KIS Cek Nama Disini! Bakal Ada 4 BLT Cair Jelang Ramadan 2023 Rp600.000

"Bantuan ini kami harapkan dari Perpusnas, sehingga untuk mendorong minat baca dan literasi hingga ke pelosok di Kabupaten Muba dapat lebih maksimal," harapnya. 

Sementara itu, Direktur Standarisasi dan Akreditasi Perpusnas RI, Supriyanto mengaku, Perpusnas RI mempunyai tanggung jawab untuk membina seluruh perpustakaan di Indonesia. 

"Ini tentunya sebagai bagian untuk meningkatkan minat baca di daerah, kami akan siap mendampingi dan membina setiap daerah untuk memaksimalkan perpustakaan di masing-masing daerah," ucapnya. 

Ia mengapresiasi, Pemkab Muba yang mempunyai komitmen tinggi dalam upaya meningkatkan sarpras perpustakaan dan memfasilitasi minat baca di semua sektor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: