Honda

Kemenkominfo Edukasi Pelajar SD di Kabupaten Ogan Komering Ilir Mengenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya

Kemenkominfo Edukasi Pelajar SD di Kabupaten Ogan Komering Ilir Mengenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya

Kemenkominfo Edukasi Pelajar SD di Kabupaten Ogan Komering Ilir Mengenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya-palpres.com-kemenkominfo ri

OKI - Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan akan kembali bergulir. Pada Rabu (5/4/2023) pukul 10.00-12.00 WIB, akan dilangsungkan Webinar bertajuk tema “Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya”. 

Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) dengan seluruh pelajar SD di Kabupaten OKI dengan melibatkan para siswa sebagai audiensnya.

Kegiatan yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kemenkominfo ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik. 

BACA JUGA:BLT Rp900.000 Cair Sebelum Lebaran, Pemilik BPJS KIS PBI Bisa Dapat!

“Angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” katanya lewat diskusi virtual. 

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. 

Runner Literasi Digital Sumsel Suryati Ali menuturkan, pada webinar yang menyasar target segmen pelajar ini, rencananya akan diisi secara virtual oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. 

BACA JUGA:Wow! Deretan Koin Jadul ini Mengandung Emas, Nomor 3 Ditaksir Seharga 3 New Toyota Agya

Kegiatan webinar diawali dengan sambutan dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, dihadiri narasumber Arief Rama Syarif (Founder - Yayasan Komunitas Open Source), kemudian narasumber H. Tarmudik Ahmad, S.Pd., MSi (Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan OKI).

Lalu Nadila Fitria (Presenter dan Influencer) bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL), Siti Kusherkatun, S.Pd.I (Asih) sebagai juru bahasa isyarat dan dipandu oleh moderator Ayu Amelia. 

“Para narasumber tersebut akan memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill,” beber Suryati.

Webinar ini akan memperbincangkan tentang Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya. Cyberbullying (perundungan dunia maya) ialah bullying/perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Cyberbullying menjadi hal yang harus diwaspadai oleh pelajar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: