Honda

Literasi Digital di SMAN 4 Prabumulih Ajak Pelajar Lawan Hoaks di Media Sosial

Literasi Digital di SMAN 4 Prabumulih Ajak Pelajar Lawan Hoaks di Media Sosial

Kemenkominfo RI menggandeng SMAN 4 Prabumulih menyelenggarakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan mengangkat tema Lawan Hoax di Media Sosial.--kemenkominfo ri

BACA JUGA:Ketua MKKS SMA Ogan Ilir Ingatkan Beretika di Media Sosial lewat Webinar Literasi Digital

Kemudian bersama Key Opinion Leader (KOL) Vean Mardhika (Influencer), serta Siti Kusherkatun, S.Pd.I (Asih) sebagai juru bahasa isyarat dan dipandu oleh moderator Sonaria. 

"Webinar ini akan memperbincangkan tentang bagaimana melawan hoax di berbagai akun Media Sosial (medsos)," tutur Suryati.

Masyarakat dihadapkan dengan berbagai informasi yang seringkali tidak dapat dipercaya, dari klaim medis palsu hingga rumor politik yang tidak jelas kebenarannya.

Hoaks di media sosial dapat menyebabkan banyak kerugian, seperti menimbulkan kepanikan di masyarakat, mengancam keamanan nasional, hingga menyebabkan kerusakan reputasi individu atau organisasi.

BACA JUGA:Kemenkominfo Sebut Penerapan Literasi Digital Bisa di Mana Saja

Penyebaran hoaks di media sosial sangat sulit dihentikan karena informasi yang tidak akurat dapat menyebar dengan cepat dan mudah melalui platform media sosial.

Selain itu, banyak orang yang kurang kritis dan tidak memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya ke media sosial, sehingga hoaks semakin tersebar luas.

Perlu ada upaya dari masyarakat, organisasi, dan pemerintah, untuk melawan hoaks di media sosial.

Dalam konteks ini, pendidikan tentang literasi digital dan kesadaran akan bahaya hoaks di media sosial, serta kerja sama dengan platform media sosial dan peran KOL, sangat penting untuk memperkuat upaya melawan hoaks di media sosial dan menciptakan media sosial yang lebih aman dan terpercaya.

BACA JUGA:Kemenkominfo Terus Kenalkan Literasi Digital yang Aman ke Anak

Peran media mainstream juga sangat penting dalam melawan hoaks di media sosial.

Media mainstream dapat memainkan peran penting dalam menyebarkan informasi yang benar dan terverifikasi.

Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan peserta akan meningkatkan literasi digital mereka dan menjadi pengguna media sosial yang cerdas dan bertanggung jawab.

Peserta akan menjadi lebih mampu memeriksa kebenaran informasi dan mengidentifikasi hoaks, sehingga dapat meminimalkan penyebaran hoaks di media sosial dan membantu melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari bahaya hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkominfo