Honda

Intip Apa Saja! Olahan Pangan Nanas dari Kota Prabumulih, Dijamin Maknyus

Intip Apa Saja! Olahan Pangan Nanas dari Kota Prabumulih, Dijamin Maknyus

Kelompok Wanita Tani (KWT) se kota Prabumulih, buah nanas di olah menjadi makanan yang layak konsumsi dan sehat.-Andre Yanto Palpres.com-

PRABUMULIH, PALPRES.COM- Kota PRABUMULIH salah satu daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Selain penghasil Minyak dan Gas (Migas), ternyata Kota Prabumulih memiliki buah yang menjadi primadona dan sudah terkenal di Sumsel.

Buah apa itu? Benar buah nanas, dimana Prabumulih sendiri menjadi daerah penghasil.

Buah nanas kota Prabumulih terkenal manis, ternyata bisa di kreasikan menjadi olahan pangan berbagai macam makanan.

BACA JUGA: Ayam Nanas Lahat Dikemas Tahan Setahun, Tunggu Terbit Surat BPOM

Ditangan para ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) se kota Prabumulih, buah nanas di olah menjadi makanan yang layak konsumsi dan sehat. 

Bahkan olahan nanas menjadi oleh-oleh buat masyarakat yang datang ke Prabumulih.

Adapun buah nanas diolah menjadi ongol-ongol nanas, kripik nanas bawang, tepung nanas, churros nanas, brengkes nanas, nugget nanas, klopertart nanas, rolade nanas, sushi sambal nanas, mochi nanas, sari gula nanas madu, punas, dodol nanas, jus nanas, gabing nanas, puding nanas, serabi nanas, wedang kulit nanas, botanas cake dan lainnya.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM saat menghadiri lomba kreasi olahan pangan buah nanas menerangkan, pihaknya mendorong agar ibu-ibu tergabung dalam KWT, agar terus berinovasi mengolah nanas merupakan buah asli dan ikon Prabumulih.

BACA JUGA:Ini Manfaat Jus Mangga Campur Nanas, Nomor 2 Ajaib Banget

"Lomba kreasi pangan olahan bertemakan ‘Inovasi Olahan Buah Nanas Lokal digelar DKP Prabumulih, agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat hingga masyarakat menjadi sejahtera. 

Kita menyambut baik makanan olahan dihasilkan memang benar-benar enak. Trasa sekali nanasnya,  dahulu ngetren bolu nanas. Sekarang la banyak kreasi," katanya.

Ridho menambahkan, permintaan nanas ini relatif tinggi. Makanya peluang ini harus di manfaatkan mengelola nanas lokal agar punya nilau ekonomis hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Nanas tidak hanya buahnya saja bisa diolah, inovasinya kulit nanas bisa dijadikan pewarna kain. Terbaru daunnya bisa diolah menjadi serat nanas menjadi bahan baku pakaian. Di eropa, pakaian berbahan dasar serat nanas permintaannya tinggi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: