Honda

Hari Raya Idul Idha Hari ini atau Besok Sah, Begini Penjelasan Buya Yahya

Hari Raya Idul Idha Hari ini atau Besok Sah, Begini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya-IG/@buyayahya_albahjah-Instagram

BACA JUGA:Bansos Khusus Lansia Rp900.000 per Bulan Mulai Juli 2023, KPM PKH juga Dapat?

Bagi Buya Yahya guys, yang terpenting jangan terbiasa menghadirkan sesuatu yang malah memicu perpecahan, orang malah menjadi jauh hatinya. 

Oleh karenanya ia berharap, semua ulama di tanah air berhati-berhati dalam menjelaskan hal itu. 

“Tidak ada urusan pula bila ada anggapan pemerintah memajukan dan memundurkan tanggalan (hari raya,red), jangan dibuat jadi ramai,” imbuhnya. 

Dikatakannya juga guys, bahwa pembahasan perbedaan waktu Idul Adha ini adalah bagian ahli fiqih, maka serahkan pada ahlinya dan hadirkan hal itu dengan baik, sehingga tidak terjadi permasalahan, tapi memberi wawasan bagi umat. 

BACA JUGA:Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha, Begini Kata Ustadz Adi Hidayat

Namun yang terpenting guys, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tetap dilaksanakan dengan damai dan memberi hikmah bahwa berkurban pada Hari Raya Idul Adha tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sebagaimana yang terdapat pada Al-qur’an surat Al-Kautsar  ayat 2 yang berbunyi:

“Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).”

Hadits Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan menyembelih kurban pada Hari Raya Idha sebagai pemberat amal ibadah umat Islam di hari akhir kelak. 

BACA JUGA:5 Bansos Akan Cair Serentak Jelang Idul Adha, Cek Jadwal Pencairan di Sini

Bunyi Hadistnya sebagai berikut guys:

“Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan kurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. 

Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi). 

Jadi guys, tidak masalah melaksanakan Idul Adha hari ini atau besok, yang penting umat Islam menjalankannya dengan penuh hikmat dan suka cita dengan tujuan mendekatkan diri pada Allah SWT, Sang Penguasa Alam Semesta. *

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: