Honda

5 Cerita Rakyat Kabupaten Musi Rawas, Ada Putri Yang Menolak Lamaran Raja dan Memilih Pria Miskin

5 Cerita Rakyat Kabupaten Musi Rawas, Ada Putri Yang Menolak Lamaran Raja dan Memilih Pria Miskin

5 cerita rakyat kabupaten Musi Rawas, ada putri yang menolak lamaran raja dan memilih pria miskin--

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Kabupaten Musi Rawas merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera selatan yang terkenal akan wisata alamnya dan juga kekayaan akan budayanya.

Ditengah kehidupan masyarakat Kabupaten Musi Rawas, ada cerita rakyat dan diturukan secara turun temurun.

Berikut 5 cerita rakyat yang sudah di rangkum untuk pencinta kalian pembaca Palembang Ekspres:

1.Putri Silampari

Cerita rakyat putri Silampari menceritakan tentang seorang putri cantik yang di sunting Bujang Pemanah julukan buat pemuda yang suka berburu, di Lembah Lapan, dekat sungai Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Santai dan Mudah Ada di PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Apa Saja?

Putri Silampari merupakan salah satu dari 7 bidadari yang selendangnya di ambil oleh Bujang panahan, karena selendangnya hilang putri Silampari pun tidak dapat kembali ke langit dan menikah dengan bujang panahan.

Namun pada suatu ketika Putri Silampari menemukan selendangnya ternyata di sembunyikan oleh Bujang panahan yang tidak lain adalah suaminya, merasa kecewa dan marah akhirnya putri Silampari kembali ke langit dan meninggalkan Bujang panahan.

Putri Silampari juga bukan nama sebenarnya, tetapi julukan, silam artinya hilang, dan Pari artinya bidadari, Putri Silam Pari artinya Putri bidadari yang hilang, nama bidadari ini adalah Ringgu Pisat seperti yang di sebutkan dalam sastra daerah Rawas.

2. Legenda Puspa Wangi

BACA JUGA:7 Pendaki yang Mayatnya Abadi di Gunung Everest, Nomor 6 Pasangan Suami Istri

Cerita puspa wangi menceritakan tentang seorang putri cantik bernama Puspa Wangi, yang tinggal di desa terpencil di Musi Rawas, bahkan kecantikannya dapat menarik perhatian seorang raja yang ingin menjadikannya seorang istri.

Namun lamaran dari sang raja di tolak oleh Puspa Wangi karena ia lebih memilih mencintai seorang pria miskin. Kisah cinta sejati inilah yang membuat mereka berdua penuh dengan tantangan dan akhirnya menjadi legenda di daerah Musi Rawas hingga saat ini.

3. Mitos Rawa Pening

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: