Honda

5 Cerita Rakyat Kabupaten Musi Rawas, Ada Putri Yang Menolak Lamaran Raja dan Memilih Pria Miskin

5 Cerita Rakyat Kabupaten Musi Rawas, Ada Putri Yang Menolak Lamaran Raja dan Memilih Pria Miskin

5 cerita rakyat kabupaten Musi Rawas, ada putri yang menolak lamaran raja dan memilih pria miskin--

Rawa Pening merupakan cerita dari sebuah danau yang ada di Kabupaten Musi Rawas, salah satu mitosnya ialah tentang adanya seekor ular naga yang hidup di danau dan dianggap sebagai penjaga danau. 

BACA JUGA:Apakah Hidup Sama Seperti Binatang, Ustadz Abdul Somad Bilang Begini

Masyarakat setempat percaya bahwa mendekati ular naga tersebut akan membawa keberuntungan, akan tetapi masyarakat juga perlu menghormati naga itu agar tidak membangkitkan kemarahannya karena akan menimbulkan bencana.

4. Legenda Candi Korakora

Candi Korakora adalah salah satu situs bersejarah yang ada di Kabupaten Musi Rawas. candi itu mengisahkan tentang seorang putri kerajaan yang ditahan oleh ibunya karena tidak ingin menikah dengan pilihan ibunya.

Karena prustasi dan tertekan oleh permintaan ibunya yang tidak dapat ia turuti akhirnya sang putri meninggal dan arwahnya putri bergentayangan menjadi menghuni candi Korakora hingga saat ini.

BACA JUGA:Bukan Jakarta, Ternyata Inilah Kota Tertua di Indonesia beserta Keistimewaannya, Coba Tebak?

Tidak sedikit masyarakat yang bercerita pernah berjumpa dengan seorang wanita cantik di candi tersebut yang diduga merupakan sosok dari putri kerajaan.

5. Legenda Nenek Lampah

Cerita Nenek Lampah menceritakan tentang seorang nenek tua yang memiliki kekuatan ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan hebatnya lagi nenek lampah dapat memprediksi masa depan layaknya seperti peramal.

Menurut cerita rakyat yang berkembang nenek lampah memiliki wujud yang mistis dan biasanya muncul pada malam hari. Dan tidak semua orang dapat menemuinya.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Abu Bakar Ash Shidiq, Pedagang Kaya Raya yang Berkorban untuk Syiar Islam

Dari 5 cerita rakyat ini yang perlu kita ingat bersama bahwa cerita rakyat adalah bagian dari budaya dan tradisi suatu daerah, dan dari setiap cerita memiliki banyak versi, kalau di daerah kalian ada cerita rakyat apa saja. (frs/lek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: