Honda

Ini Loh Makna yang Terkandung Dalam Tari Silampari dan Tari Turak dari Kota Lubuklinggau

Ini Loh Makna yang Terkandung Dalam Tari Silampari dan Tari Turak dari Kota Lubuklinggau

Tari Silampari dan Tari Turak merupakan tarian tradisional yang dilestarikan hingga saat ini--

BACA JUGA:Apakah Hidup Sama Seperti Binatang, Ustadz Abdul Somad Bilang Begini

Karena itulah akhirnya Dayang Torek meminta pada dewata untuk diangkat ke khayangan dan  dayang torek pun  menghilang tak bisa ditemui lagi.

Sejak saat itu, untuk bisa terus mengenang peristiwa di Bukit Sulap masyarakat setempat  menyebutnya dengan silampari

Selain Tari Silampari ada juga Tari Turak tarian ini bertujuan membuai tamu yang hadir. Turak yang terbuat dari bambu dijadikan sebagai senjata, ditarikan oleh enam orang gadis cantik berpakaian tradisional berwarna merah.

Penari memegang sebatang bambu. Iringan musiknya begitu indah, walaupun kadang terdengar irama yang tidak selaras dengan tariannya, karena iringan musik yang dimainkan punya tujuan mengelabui lawan dalam mengalahkan Belanda.

BACA JUGA:Bukan Jakarta, Ternyata Inilah Kota Tertua di Indonesia beserta Keistimewaannya, Coba Tebak?

Akan halnya sekarang ini, penjajahan yang sudah diusir, maka warisan tari ini harus tetap hidup dan dilakukan pelesatriannya, oleh karena pentingnya warisan budaya untuk dilestarikan maka perlu dituliskan dan dinukilkan dalam sebuah tulisan sederhana dalam sebuah booklet.

Disamping hal tersebut, booklet dapat menjadi sebuah ulasan dan bukti fisik agar warisan ini dapat diusulkan menjadi tarian nasional dan warisan budaya nasional yang berasal dari orang Rawas.

2. Tari Turak

Tari Turak ini mempunyai keunikan dalam iringan musiknya, ketika kita mendengar alunan gesek biola yang terkadang tidak seirama dengan gerakan tariannya, itu juga salah satu taktik yang digunakan pemain musik untuk mengelabuhi musuhnya.

BACA JUGA: Wow! Desa Betung 1 Masuk 6 Besar Nominasi Desa Lomba Anugerah Desa Wisata Sumsel 2023

Nah jadi itulah makan dari dua tarian yang ada di Sumatera Selatan satu berasal dari Lubuklinggau dan satunya berasal dari Kabupaten Musi Rawas, kalau kalian suka dengan tarian yang mana. (frs/lek)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: