Honda

Kisah Sahabat Ibnu Rawahah yang Dihina Karena Menikahi Hamba Sahaya

Kisah Sahabat Ibnu Rawahah yang Dihina Karena Menikahi Hamba Sahaya

Kisah Sahabat Ibnu Rawahah yang dihina karena menikahi hamba sahaya--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kaum muslimin dan muslimat yang disayangi Allah SWT, kisah dibawah ini menceritakan tentang seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang mendapat cercaan dan hinaan karena menikah dengan hamba sahaya nya sendiri, sehingga turun surat Al Baqarah ayat 221, yuk disimak!.

Ibnu Rawahah adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki nama lengkap Abdullah bin Rawahah bin Tsa'labah Al Anshari Al Khazraji, dimana Ibnu Rawahah yang biasa dipanggil dengan Abu Muhammad merupakan paman Nu'man bin Basyir.

Dilansir dari media online menceritakan bawah Ibnu Rawahah memiliki seorang budak perempuan berkulit gelap, dimana budak ini pernah dimarahi dan ditempeleng oleh Ibnu Rawahah, kemudian dia merasa cemas dan melapor kepada Nabi SAW, kemudian Nabi pun menanyakan ihwal budak itu.

Ibnu Rawahah mengatakan, budaknya suka berpuasa, sholat dan berwudhu dengan baik, budak tersebut juga telah bersyahadat, emudian Nabi SAW bersabda, "Berarti dia seorang mukminah.

BACA JUGA: Tak Punya Halaman Luas, Yuk Kita Berkebun dengan Cara Ini

Mendengar hal tersebut, Ibnu Rawahah berkeinginan memerdekakan budaknya lalu menikahinya. "Demi dzat yang mengutus mu menjadi Nabi SAW, aku akan memerdekakan dan menikahi budak tersebut setelah memerdekakannya."

Setelah menikahi budaknya sendiri, Ibnu Rawahah mendapat cercaan dari kalangan orang-orang musyrik, dia diejek dengan perkataan, "Menikahi seorang budak, padahal para budak itu mau dinikahi hanya karena mereka ingin memperoleh keturunan yang baik."

Kemudian turun firman Allah SWT, "Sesungguhnya wanita budak yang mukmin itu lebih baik dari wanita musyrik, meskipun dia menarik hatimu." QS Al-Baqarah ayat 221)

Ibnu Rawahah juga meriwayatkan beberapa hadits. Salah satunya ialah hadits tentang larangan mengunjungi keluarga pada malam hari, dia berkata, "Nabi SAW melarang seseorang mendatangi keluarganya di malam hari.

BACA JUGA:Rendy Kjaenett Terus Jalin Komunikasi dengan Lady Nayoan

 

Ibnu Rawahah gugur di medan perang sebagai pahlawan syahid pada tahun 8 hijriah, dia tampil sebagai panglima perang dan menyerang pasukan Romawi. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: