Honda

35 Persen Anak Muda Pernah Lakukan Impulsive, OCBC NISP Serukan Tren ini

35 Persen Anak Muda Pernah Lakukan Impulsive, OCBC NISP Serukan Tren ini

Acara Launching OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 yang ikut dimeriahkan oleh Kunto Aji, Najwa Shihab, Amir Widjaya (EVP Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP), Inggit Primadevi (Director Consumer Insights di NIQ Indonesia), dan -OCBC NISP-

JAKARTA, PALPRES.COM - 35 Persen Anak Muda Pernah Lakukan Impulsive, OCBC NISP Serukan Tren Masa Kini Agar Lifestyle Terus Jalan, Investasi Tetap Aman dan Jadi #FinanciallyFit.

Bank OCBC NISP kembali luncurkan Financial Fitness Index, kolaborasi Bank OCBC NISP dengan NIQ yang mengkaji tentang kesehatan keuangan generasi muda Indonesia.

Dalam upaya untuk menggambarkan kesehatan finansial generasi muda Indonesia, Bank OCBC NISP telah meluncurkan OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023, sebuah riset tahunan yang memberikan wawasan mendalam tentang tren dan kondisi finansial di kalangan generasi muda.

Riset terbaru ini menunjukkan tren positif, dengan skor Kesehatan Finansial generasi muda Indonesia terus mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir, meskipun dalam konteks pandemi yang baru saja berlalu. 

BACA JUGA:Tukar Koin jadi Saldo DANA Hingga Rp140.000, Bisa Ditarik Setiap Hari

Pada tahun ini, skor mencapai angka 41,16, mengalami peningkatan sebesar 1,10 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun demikian, perlu dicatat bahwa upaya perbaikan kebiasaan finansial generasi muda masih dihadapkan pada tantangan. 

Meskipun sebagian besar generasi muda berusaha untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang finansial, masih terdapat banyak keputusan pengeluaran yang diambil dengan kurang bijak, terutama dalam hal pengeluaran gaya hidup. 

Hasil riset ini menunjukkan bahwa 35% dari generasi muda mengaku telah mengalami pengeluaran impulsif dalam periode enam bulan terakhir, termasuk di antaranya adalah kegiatan seperti menghadiri konser, melakukan perjalanan, atau berbelanja berlebihan.

BACA JUGA:Kolektor Berani Kasih Harga Mahal! Ini 5 Cara Jual Koin Kuno Rp1000 Tahun 1993

Lebih menarik lagi, ditemukan bahwa 60% dari individu-individu yang mengambil keputusan pengeluaran impulsif berasal dari kalangan dengan penghasilan bulanan sebesar 5 hingga 8 juta rupiah. 

Situasi ini menyebabkan skor kesehatan finansial dari kelompok penghasilan tersebut mengalami penurunan. 

Walaupun demikian, angka generasi muda yang menghabiskan uang untuk gaya hidup menunjukkan penurunan sebesar 3%, dengan angka sekarang mencapai 73% dibandingkan 76% pada tahun sebelumnya.

Amir Widjaya, EVP Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP, menjelaskan, "Riset ini hadir dengan tujuan untuk mengkomunikasikan bahwa kesehatan finansial bisa dicapai oleh semua kalangan, independen dari latar belakang ekonomi maupun status sosial mereka. 

BACA JUGA:Cara Mudah Pinjam Uang di Bank Jago, Saldo Rp600 Ribu Langsung Masuk dalam Rekening

Mengasah gaya hidup atau hiburan adalah hal yang wajar, namun generasi muda harus memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan antara keinginan dan kebutuhan dasar. 

Pesan kami adalah bahwa gaya hidup yang sehat finansial dan investasi yang cerdas bisa beriringan, asalkan alokasi dana dilakukan dengan benar, tanpa mengorbankan dana darurat atau investasi jangka panjang."

Riset ini juga mengungkapkan fakta menarik bahwa pandangan mengenai definisi "kaya" di kalangan generasi muda telah berubah. 

Jumlah individu yang mengaitkan kekayaan dengan kegiatan liburan meningkat drastis sebesar 350% dibandingkan tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:INFO TERUPDATE! Mainkan Game Seru Ini Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp300.000, Langsung Ditransfer!

Namun, mereka yang mengartikan "kaya" dalam konteks non-investasi, seperti kepemilikan barang-barang mewah atau gaya hidup mewah lainnya, cenderung memiliki skor kesehatan finansial yang rendah. 

Sebaliknya, individu yang menghubungkan "kaya" dengan kepemilikan investasi seperti emas, properti sewa-menyewa, dan produk keuangan lainnya, memiliki skor kesehatan finansial yang lebih baik.

Najwa Shihab, seorang jurnalis dan pendiri Narasi, memberikan pandangan mengenai hal ini, "Menjadi generasi muda yang berkualitas dimulai dengan memiliki pandangan yang benar tentang kekayaan. 

Jangan mudah terpikat oleh gambaran di media sosial, karena realitas tidak selalu seindah yang terlihat. 

BACA JUGA:Tukar Koin jadi Saldo DANA Hingga Rp140.000, Bisa Ditarik Setiap Hari

Dalam hal ini, media dan tokoh publik memiliki peran dalam membentuk pandangan generasi muda mengenai kesehatan finansial. 

Konten yang dibagikan tidak hanya tentang kekayaan semata, tetapi juga tentang pengetahuan bermanfaat dalam mengelola keuangan. 

Selain itu, generasi muda perlu belajar dan memiliki disiplin dalam mengatur keuangan serta berinvestasi sejak dini, agar mampu menjadi pelopor bukan hanya dalam gaya hidup, tetapi juga dalam aspek finansial."

Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NIQ Indonesia, menambahkan bahwa ada 54% generasi muda yang saat ini termasuk dalam kategori "sandwich generation." 

BACA JUGA:Wow! Buruan ikuti program terbaru dari Telkomsel 'annyeong korea', modal nonton Drakor bisa ke korea

Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 9% dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun demikian, skor kesehatan finansial dari kelompok ini cenderung lebih baik, mencapai angka 41,80, yang lebih tinggi dari skor keseluruhan Indonesia.

Hal ini mengindikasikan bahwa peluang untuk meraih kesehatan finansial tetap terbuka bagi semua kalangan, termasuk mereka yang menghadapi tantangan finansial yang lebih besar. 

Fokus pada tujuan finansial yang jelas dapat membantu seseorang mencapai kesehatan finansial yang lebih baik.

Meskipun terjadi perbaikan dari tahun ke tahun, skor kesehatan finansial Indonesia masih berada di bawah ambang batas yang dianggap sehat secara finansial. 

BACA JUGA:GERCEP, Harga Promo Honda BeAT 150 CBS-ISS Hanya Rp17 Jutaan, Stok Terbatas!

Berdasarkan temuan ini, Bank OCBC NISP tetap berkomitmen untuk menyediakan edukasi tentang kesehatan finansial melalui platform NYALA OCBC NISP. 

Di RuangMenyala.com, semua individu berkesempatan mengikuti kelas dan memperoleh konten pembelajaran finansial secara gratis, serta menjalani tes kesehatan finansial untuk menilai skor pribadi mereka. 

Pada awal Agustus, Bank OCBC NISP telah berhasil mengajak lebih dari 2.000 individu dalam Gerakan Masal Finansial Check Up, sebagai upaya untuk mengajak lebih banyak orang untuk mencapai keadaan #FinanciallyFit.

Tak hanya itu, Bank OCBC NISP juga menyediakan Financial Fitness Gym, di mana masyarakat dapat melatih keterampilan finansial mereka bersama Financial Coach yang terpercaya. 

BACA JUGA:Laku Jutaan! Koin Rp50 Komodo Tahun 1997 Masih Diburu Kolektor

Aplikasi ONe Mobile juga telah dilengkapi dengan fitur Life Goals, yang bertujuan mendukung individu dalam mencapai tujuan finansial, baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

Komitmen Bank tercermin dalam produk-produk keuangan yang mereka tawarkan, termasuk NYALA Kartu Kredit yang menawarkan keuntungan cashback otomatis hingga 8% untuk belanja online sepanjang tahun. 

Selain itu, untuk para pecinta perjalanan, tersedia NYALA Global Debit yang memudahkan pertukaran mata uang dengan kurs yang kompetitif melalui aplikasi ONe Mobile, serta mendukung transaksi dan penarikan tunai di luar negeri tanpa perlu konversi kurs, karena langsung didebit dari rekening valas, dengan pilihan dari 12 mata uang.

Amir mengakhiri, "Dengan perpaduan antara riset tahunan yang kami lakukan secara konsisten dan berbagai solusi serta produk finansial komprehensif yang ditawarkan oleh Bank OCBC NISP, kami berharap dapat mendukung masyarakat dalam membentuk kebiasaan finansial yang lebih baik, untuk meraih skor kesehatan finansial yang semakin baik di masa depan. 

BACA JUGA:Cara Mudah Tarik Tunai Tanpa Kartu Fisik di ATM Bank BTN, Proses 5 menit Langsung Selesai!

Riset ini akan menjadi landasan bagi kami dalam menghadirkan solusi dan produk dengan berbagai manfaat dan program yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. 

Melalui ini, kami menunjukkan komitmen nyata Bank OCBC NISP untuk mengambil langkah konkret dalam mendukung masyarakat Indonesia agar semakin #FinanciallyFit."*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: