Honda

Rasanya Bikin Nagih! 5 Cara Buat Es Kembang Tahu Paling Mudah

Rasanya Bikin Nagih! 5 Cara Buat Es Kembang Tahu Paling Mudah

Rasanya Bikin Nagih! 5 Cara Buat Es Kembang Tahu Paling Mudah--Sumber Cookpad

PALEMBANG, PALPRES.COM - Rasanya bikin nagih 5 cara ini buat es kembang tahu paling mudah di rumah.

Menurut sejarah es kembang tahu atau wedang tahu adalah makan berasal dari Tiongkok yang dibawa ke Indonesia pada abad ke 19 oleh seorang imigran.

Wedang tahu di Tiongkok berbeda dengan wedang tahu di Indonesia, memiliki bentuk yang sama namun perpaduannya berbeda.

Di Tiongkok wedang tahu diberi taburan udang kecil atau rebon kering. Sedangkan kuahnya memakai kuah kecap diisi dengan taburan daun bawang atau daun ketumbar.

BACA JUGA:Alhamdulillah, BLT Rp3.600.000 Disalurkan Minggu Depan, Begini Cara Dapatnya!

Dan penyajian wedang tahu di Tiongkok ditambah dengancakwe dan mantau. Jika dilihat dari penjelasan tersebut wedang tahu di Teongkok bukanlah minuman es melainkan makanan yang berkuah.

Sedangkan di Indonesia wedang tahu terpopuler ada di Semarang, di tempat ini wedang tahu dibuat sebagai minuman hangat seperti wedang ronde.

Wedang tahu di Indonesia memiliki rasa yang bikin nagih, kuahnya terbuat dari rebusan kacang merah dan bercita rasa pedas manis disi dengan kembang tahu yang lembut.

Setiap kota di Indonesia wrdang tahu memiliki nama yang berbeda, seperti di Surabaya namanya tauwa, di Solo tahok, wedang tahu di Semarang.

BACA JUGA:Bisa Buat Ngantar Istri Kepasar, 3 Jenis City Car Paling Rekomendasi Seharga 50 Jutaan Diatas 2010

Sedangkan Jakarta dan Sumatera disebut dengan kembang tahu.

Tertarik dengan es kembang tahu beriku 5 cara mudah buat es kembang tahu di rumah.

Pertama siapkan terlebih dahulu bahan berikut ini

Agar-agar putih bubuk, 125 gram gula pasir, 4 gram 1000 cc susu kedelai, kemudian cairkan dengan 50 ml air, dan 1/2 sendok teh garam.

BACA JUGA:Inilah Pemain Idaman Shin Tae-yong, Pernah Menjebol Gawang Inter Milan Hingga AS Roma, Harganya Rp40 Miliar

Kedua siapkan bahan untuk kuah Jahe yang sudah diukur dengan takaran sebagai berikut

100 gram gula merah, 1000 cc air, 150 gram jahe dimemarkan, 250 gram gula pasir, 2 lembar daun jeruk, 3 lembar daun pandan, 3 butir cengkeh, 3 cm kayu manis, dan 1/4 sendok teh garam.

Ketiga mulai proses memasak untuk membuat kembang tahunya.

Rebuslah susu kedelai sampai mendidih kemudian tambahkan agar-agar, gula, dan garam. Setelah itu tunggu hingga mendidih dan larutan membeku.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Penerima BLT BPNT Sembako Dapat Dana Tambahan Cair Rp750.000

Keempat lanjutkan untuk membuat rebusan kuah kembang tahu. Pertama siapkan panci, masukkan gula pasir, gula merah, daun pandan, daun jeruk, jahe, kayu manis, cengkeh, air dan garam.

Rebus semua bahan tersebut sampai gula larut dan aroma wangi rempahnya keluar dan terakhir, jangan lupa untuk saring agar kuah jahe bening tanpa dan tidak ampasnya.

Kelima, untuk penyajiannya, siapkan mangkuk, kemudian ambil satu scoop kembang tahu atau scoop ice cream dan tambahkn es batu dan gula merah jahenya.

Bisa disimpulkan minumana tradisional yang datang dari negeri China ini, sekarang tidaklah mudah untuk ditemukan termasuk di kota Palembang.

BACA JUGA:Striker Muda Asal Belanda yang Berpotensi Mengguncang Skuad Timnas Indonesia, Siapakah Dia?

Oleh karena itu tak salahnya kalau kamu buat minuman tersebut di rumah sendiri.

Namun, di Palembang ada beberapa tempat yang menjual es kembang tahu enak dan pas di lidah.

Yaitu kamu bisa datang langsung ke warung Pak MK, Simpang Kades di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin 2, Alang Alang Lebar. Tempat ini buka dari jam 15.00 hingga 17.00 Wib.

Atau bisa juga jajan langsung ke es kembang tahu keliling dari Mas Kijan yang sering mangkal di skip ujung. Dari jam 09.00 hingga 16.00 Wib.

BACA JUGA:Cek ATM Besok! BLT BPNT Rp400.000 Sudah Ditransfer ke Rekening BRI, Mandiri, BSI, dan BNI

Es kembang tahu selain rasanya yang enak dan nagih, harganya juga terjangkau yang dijual biasanya mulai dari Rp5.000 sampai Rp7.000 per porsinya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: