Honda

Kaum Hawa Wajib Tahu, Tak Selamanya Barang Diskon Harus Dibeli, Ini Alasannya

Kaum Hawa Wajib Tahu, Tak Selamanya Barang Diskon Harus Dibeli, Ini Alasannya

Kaum Hawa Wajib Tahu, Tak Selamanya Barang Diskon Harus Dibeli, Ini Alasannya-freepik-

JAKARTA,PALPRES.COM- Siapa sih yang tidak menyukai diskon? alias potongan harga? alias sale? semua orang sangat menyukainya, terutama kaum wanita. 

Diskon merupakan magnet yang dapat menarik kaum wanita untuk berbelanja dan memborong, terlebih bagi kaum hawa yang mempunyai sifat impulsive buying.

Apa sih yang dimaksud dengan impulsive buying? Impulsive buying yaitu Keputusan membeli terjadi secara tiba-tiba dan seketika. 

Setiap orang sepertinya hampir pernah melakukan impulsive buying, misalnya Ketika jalan-jalan melihat ada sepatu  bagus dipajang, kemudian masuk dan memborong sepatu, walaupun belum tentu membutuhkan sepatu tersebut.

BACA JUGA:Langsung Dapat Diskon! Promo PSM Alfamart , ABC Kacang Hijau Tp 250ml Beli 2 GRATIS 1

Dengan adanya diskon, maka orang yang mempunyai sifat impulsive buying diskon akan merasa kapan lagi dapat belanja dengan harga murah? Padahal ada yang anda tidak ketahui tentang diskon tersebut, untuk itu anda TDAK WAJIB membeli barang diskon dikarenakan:

1. Anda akan lebih boros

Bagi yang memiliki sifat impulsive buying diskon akan merasa mempunyai alasan untuk memborong barang-barang diskon dengan mengatakan 'kapan lagi?mumpung diskon' padahal tanpa anda sadari, tindakan memborong yang 'gila-gilaan' tersebut justru membuat anda akan semakin boros. 

Anda wajib waspada dengan sifat ini, terutama pada saat gajian. 

BACA JUGA:Kabar Gembira, KAI Berikan Diskon 20 Persen Bagi Penyandang Disabilitas, Ini Syarat dan Ketentuannya?

Mall akan berlomba-lomba memberikan diskon untuk membujuk agar orang yang mempunyai sifat impulsive buying ini berbelanja terus sampai kantong jebol. 

Ingat yaa.. harus bisa membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan semata?

2. Harga diskon yang tidak jujur

Hal ini paling banyak dilakukan oleh mall atau retailer lainnya. 

BACA JUGA:Spesial Hari Kemerdekaan, The Watch Co. Tebarkan Diskon Jam Tangan

Penjual mengatakan bahwa ada pemberian diskon yang besar-besaran, padahal yang terjadi justru harga tersebut telah mereka naikkan terlebih dahulu, kemudian baru diberi diskon, jadi anda akan merasa seolah-olah anda sangat  beruntung mendapatkan barang yang di diskon tersebut dengan harga murah.

Padahal anda tetap mendapatkan harga biasanya, itu hanyalah trik dari marketing agar seolah barang mereka mempunyai harga yang sangat murah. 

Sebaiknya anda lebih teliti lagi untuk harga ini agar anda tidak merasa 'tertipu'.

3. Kualitas barang yang kurang bagus

BACA JUGA:Kabar Gembira, Ada Diskon 78 Persen Bagi Warga Jabodebek, Naik LRT Cuma Bayar Rp5 Ribu!

Diskon akan diberikan biasanya untuk barang yang kurang bagus atau biasa lama tersimpan di gudang, dan bukan barang yang baru di produksi. 

Jadi anda harus jeli dan teliti lagi sebelum membeli barang diskon ini, terutama untuk produk seperti sepatu dan tas yang terbuat dari bahan sintetik. 

Penyimpanan di gudang yang lama akan membuat lem dan kulit sintetik yang terdapat di produk tersebut akan cepat rusak dan lem yang mudah lepas.

Tidak jarang barang yang didiskon tersebut kurang diminati pembeli, sehingga diberikanlah diskon agar pembeli tertarik.

BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Berikan Diskon Servis untuk Jurnalis Satu Hati

Sebelum membeli sebaiknya periksa dengan teliti barang yang diskon tersebut, apakah ada bolong? atau ada warna yang pudar? karena biasanya diskon diberikan karena ada kualitas yang kurang baik.

Demikianlah penjelasan mengenai mengapa barang diskon tidak selalu harus dibeli. Semoga anda menjadi pembeli yang bijak setelah membaca penjelasan di atas.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: