Honda

Kongres Bahasa Indonesia XII, Lebih Perkuat Peran Bahasa Indonesia

Kongres Bahasa Indonesia XII, Lebih Perkuat Peran Bahasa Indonesia

Foto bersama disela-sela pembukaan secara resmi Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII-Kemendikbudristek-

JAKARTA, PALPRES.COM - Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII secara resmi telah dibuka.  

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menggelar KBI secara berkala setiap lima tahun sekali, sebagai wujud apresiasi di bidang kebahasaan dan kesastraan tertinggi di Indonesia. 

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz menyampaikan kongres ke-XII ini sebagai tindak lanjut atas rekomendasi pada KBI XI tahun 2018, sekaligus menjaga momentum penyelenggaraan KBI untuk mengevaluasi dan merancang kebijakan pengembangan serta pembinaan bahasa di Indonesia.

“IKBI XII mengusung tema “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa” yang selaras dengan tiga program prioritas Badan Bahasa, yaitu revitalisasi bahasa dan sastra daerah, literasi bahasa dan sastra Indonesia, serta internasionalisasi bahasa Indonesia," ujar Aminudin, saat memberikan keterangan di acara KBI ,baru-baru ini di Jakarta.

BACA JUGA:Cair Besok Bansos PKH dan BPNT di Rekening KPM, Segera Ambil Sebelum Hangus Ya

BACA JUGA:Cara Cek Penerima BLT El Nino Senilai Rp400.000, Masyarakat dapat Bantuan Beras dan Uang Tunai

Untuk tema dan subtema KBI XII bersama topiknya masing-masing, akan dibahas secara komprehensif oleh para pembicara utama, pemakalah, dan peserta dari beragam kalangan dalam berbagai aktivitas berkongres yang dilaksanakan secara luring dan daring.

Berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan melalui kongres ini, semua unsur pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran tentang informasi terkini seputar penanganan bahasa, khususnya bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

KBI XII diharapkan dapat menghasilkan putusan-putusan sebagai penentu arah kebijakan nasional, kebahasaan dan kesastraan yang adaptif dan strategis.

“Kami ingin menjadikan kongres ini sebagai wahana perdebatan gagasan dalam upaya merawat keindonesiaan itu, untuk kemudian membulatkan cita-cita terbaik dan membangun kekuatan bersama secara gotong royong untuk mewujudkannya,”  ungkapnya.

BACA JUGA:10 Juta Penerima Bansos PKH Bersiap, BLT Tambahan El Nino Rp400.000 Segera Dibagikan Jokowi

BACA JUGA:Berkah Akhir Bulan! Ada BLT Rp400.000 Masuk ke ATM, Bansos BPNT Tahap 5 Termin 1 Sudah Cairkah?

Penyelenggaraan KBI XII melibatkan sekurang-kurangnya 1.500 orang.

Sebanyak 550 orang hadir secara langsung di Jakarta dan sisanya mengikuti secara daring. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: