Honda

Mantap, Desa di Musi Banyuasin Masuk Nominasi 20 Besar Nasional, Program Desa Cantik

Mantap, Desa di Musi Banyuasin Masuk Nominasi 20 Besar Nasional, Program Desa Cantik

Pj Bupati Muba Menerima Tim BPS Republik Indonesia di Kantor Bupati.-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA, PALPRES.COM- Mantap, desa di Musi Banyuasin masuk nominasi 20 besar nasional, program desa cantik.

Desa yang masuk 20 besar dalam program Desk Evaluation Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yaitu Desa Bailangu, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, Rabu 22 November 2023 turun langsung melakukan kunjungan langsung dalam rangka penilaian ke Desa Bailangu. 

Tim itu dikomandoi oleh Direktorat Statisyik Ketahanan Sosial BPS Republik Indonesia didampingi Kepala BPS Musi Banyuasin, Plt Camat Sekayu, Kabid Statistik Sektoral Dinas Kominfo Musi Banyuasin mengecek di lapangan kantor Desa Bailangu.

BACA JUGA:Dinkominfo Muba Dorong Penerapan Aplikasi e-Office Desa, Website, dan Desa Cantik

Ketua Tim Penilai dari BPS RI, Fadlian Syah SST MSi menerangkan, hal ini merupakan sehubungan dengan telah selesainya Desk Evaluation Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023 yang dilakukan oleh tim Desa Cantik BPS RI.

Maka kegiatan ini merupakan tahapan pengecekan lapangan (field evaluation) di 20 wilayah terpilih, dan salah satunya di Kab. Muba adalah Desa Bailangu ini.

“Kegiatan field evaluation ini merupakan awal penilaian tahap akhir untuk memperoleh 10 (sepuluh) desa/kelurahan penerima Award Desa Cantik 2023 secara Nasional,” sambungnya.

Target utama dari program ini yakni, peningkatan literasi statistik pada aparatur desa.

BACA JUGA:Desa Cantik Kelola Informasi dan Data Potensi Sumber Daya Alam

Dalam kerangka satu data Indonesia di level terkecil pemerintahan.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP mengatakan, bahwa semangat sinergi antara Pemkab Muba dan BPS berjalan dengan baik.

Sebagai walidata dan Pembina data kabupaten berkerja keras untuk mewujudkan Satu Data Indonesia kabupaten Muba yang berkualitas hingga level desa. 

"Dengan terpilihnya desa Bailangu masuk nominasi 20 besar Nasional dan satu satunya desa di Sumatera Selatan yang masuk nominasi Desa Cantik Tingkat Nasional. Harapan kami ini menjadi motivasi bagi desa desa lain kedepannya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: