Honda

Kominfo: Sinyal 5G Tersebar di 366 Titik, Palembang Termasuk!

Kominfo: Sinyal 5G Tersebar di 366 Titik, Palembang Termasuk!

ilustrasi jaringan 5G-freepik/rawpixel.com-

BACA JUGA:Gandeng Kominfo dan KPAD, Dit Intelkam Gelar FGD Terkait Masalah Ini

- Kota Palembang

- Tapanuli Utara

"Banyaknya jumlah ini melebihi ekspektasi Kementerian Komunikasi Informasi, dimana yang mentargetkan implementasi 5G pada 11 lokus prioritas pada tahun 2023," ujar Wayan.

Selanjutnya, Wayan mengungkapkan jika pihaknya mendorong perkuatan transformasi digital guna meningkatkan ekonomi digital, Kominfo berupaya untuk memperkuat kolaborasi Pentahelix.

BACA JUGA:Ada Game Menarik! Stand Dinkominfo Muba ‘Bius’ Pengunjung Muba Expo

"Kementerian, pemerintah daerah, asosiasi, pelaku industri dan bisnis, serta akademisi, dan juga para pakar, serta media dalam rangka mendorong dan mempercepat implementasi teknologi 5G," ungkapnya.

Dikatakannya, ekonomi digital saat ini memainkan peran yang cukup besar dalam perekonomian saat ini.

Alasan tersebutlah yang membuat pihaknya mendorong peningkatan kebutuhan infrastruktur digital.

Terlebih lagi keberadaan data center merupakan salah satu hal yang penting untuk mendorong kapasitas yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

BACA JUGA:Sajikan Program Menarik, Stand Dinkominfo Muba Mulai Diburu Pengunjung di Hari Pertama di Muba Expo 2023

Saat ini, permintaan masyarakat akan akses internet yang kencang yang dikombinasikan dengan munculnya teknologi baru seperti kecerdasan buatan mendorong peningkatan besar-besaran dalam jumlah data yang dibuat.

Sehingga pembuatan data tumbuh secara eksponensial, dengan volume yang meningkat beberapa ratus zetabita selama dekade kedepan.

Infrastruktur seluler saat ini juga tidak dirancang untuk beban informasi yang begitu tinggi dan memerlukan peningkatan. 

Dengan memliki kecepatan yang tinggi, dan kapasitas besar, serta latensi rendah, jaringan 5G dapat membantu mendukung dan menskalakan beberapa aplikasi seperti kontrol lalu lintas yang terhubung ke cloud, pengiriman drone, obrolan video, dan game berkualitas konsol saat bepergian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: