Honda

Kominfo: Sinyal 5G Tersebar di 366 Titik, Palembang Termasuk!

Kominfo: Sinyal 5G Tersebar di 366 Titik, Palembang Termasuk!

ilustrasi jaringan 5G-freepik/rawpixel.com-

JAKARTA.PALPES.COM – Saat ini signal 5G sudah tersebar di sebanyak 366 titik di seluruh Indonesia, dan akan terus bertambah di masa mendatang.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), saat ini Indonesia termasuk salah satu dari tujuh negara di kawasan Asia Tenggara dan Oseania yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial.

"Indonesia salah satu dari tujuh negara di Asia Tenggara dan Oseania yang meluncurkan 5G secara komersial," ujar Wayan Toni Supriyanto selaku Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, dalam diskusi Indotelko Forum, Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Sebagai informasi, jaringan 5G adalah generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel, yang menawarkan kecepatan dalam unggah dan unduh lebih tinggi.

BACA JUGA:Sulit Dapat Pekerjaan? Cobain 5 Rekomendasi Kursus Online Gratis Untuk Mengasah Skill, Ada yang Punya Kominfo

Dengan koneksi yang lebih konsisten dan peningkatan kapasitas dibandingkan jaringan sebelumnya. 

Jaringan 5G digadang-gadang jauh lebih cepat dan lebih andal daripada jaringan 4G yang populer saat ini serta berpotensi mengubah cara orang menggunakan internet untuk mengakses aplikasi, jejaring sosial, dan berbagai informasi. 

Contoh bisa dilihat pada teknologi seperti mobil berkemudi dengan otomatis, lalu aplikasi game yang canggih, dan juga media streaming langsung yang membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi yang sangat andal tentu akan mendapat manfaat besar dari konektivitas 5G ini.

Sekadar informasi, teknologi jaringan 5G pertama kali diluncurkan ke publik secara komersial pada medio Mei 2021 lalu.

BACA JUGA:Kominfo Beri Peringatan, Bahaya Deepfake Bagi Kaum Melek Teknologi

Kala itu, provider Telkomsel menjadi pelopor operator seluler yang menghadirkan layanan 5G untuk para pelanggannya.

Setelah itu, secara bertahap beberapa provider lain seperti Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan Smartfren juga mendapat restu dari Kominfo untuk menjajakan layanan 5G ke masyarakat di Indonesia. 

Namun, sejauh ini, baru dua provider yakni Telkomsel dan Indosat yang telah menyediakan paket khusus 5G.

Sementara provider lainnya masih menunggu ekosistem terbentuk dan seleksi frekuensi sebagai daya tambahan untuk menggelar 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: