Honda

Wow, Pasar 16 Ilir Bakal Mirip Sarinah, jadi The Heritage 16 Ilir, Pusat Ritel di Sumsel

Wow, Pasar 16 Ilir Bakal Mirip Sarinah, jadi The Heritage 16 Ilir, Pusat Ritel di Sumsel

Pemasangan pagar seng di Pasar 16 Ilir bertujuan untuk pengerjaan revitalisasi Pasar 16 Ilir yang dilakukan PD Pasar Palembang Jaya-Kurniawan -palpres.com

PALEMBANG.PALPRES.COM – Banyak para pedagang mengeluhkan adalah pemasangan pagar seng di sekeliling kawasan Pasar 16 Ilir PALEMBANG, hingga lantai 4 bangunan gedung pasar.

Ternyata ini semua merupakan proses dari revitalisasi Pasar 16 Ilir yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Palembang Jaya.

Tentunya, proses revitalisasi Pasar 16 Ilir, pihak Perumda Pasar Palembang Jaya bekerja sama dengan PT Bima Citra Realty. 

Revitalisasi pada pasar 16 Ilir ini nantinya bertujuan untuk membangun pusat ritel Sumatera Selatan di kawasan tersebut.

BACA JUGA:Kondisi Pasar 16 Ilir Memprihatinkan, Revitalisasi Perlu Dilakukan, Ini Kata Dirut PD Pasar Palembang Jaya!

BACA JUGA:Kondisi Pasar 16 Ilir Memprihatinkan, Revitalisasi Perlu Dilakukan, Ini Kata Dirut PD Pasar Palembang Jaya!

Sebelumnya, Direktur Utama Perumda Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal, pada 31 Agustus 2023 silam juga pernah mengungkapkan jika renovasi pusat ritel di Sumatera Selatan (Sumsel) ini sedang tahap finishing konsep.

"Kita tengah dalam tahap penyempurnaan untuk pembangunan. Diharapkan September 2023 akan kita mulai membangun fisiknya," katanya.

Rizal menjelaskan jika proses pembangunan ini akan segera dimulai dengan tahapan yang mana telah dibuat sebelumnya. 

Dalam pengerjaan ini, para pekerja akan mendahulukan mengerjakan bagian-bagian tertentu sehingga para pedagang eksisting tetap bisa berjualan.

BACA JUGA:Omzet Menurut, Diam-Diam Pasar 16 Ilir Kembali di Pagar Seng, Viral di Medsos

BACA JUGA:Ada Tempat Ngopi Hidden Gem di Pasar 16 Ilir Palembang, Sajikan View Jembatan Ampera Hingga Lintasan LRT

Pengerjaan revitalisasi Pasar 16 Ilir ini akan dimulai dari lantai paling atas yakni Lantai 5 gedung Pasar 16 Ilir dan kemudian turun ke lantai berikutnya.

"Nantinya akan kita kerjakan dulu lantai paling atas, karena kondisinya sekarang kosong.

Jika sudah selesai, pedagang di lantai bawah akan pindah ke atas untuk perbaikan di lantai bawah, begitu seterusnya," jelasnya.

Dengan adanya revitalisasi pasar ini, diharapkan okupasi (tingkat hunian) toko di gedung Pasar 16 Ilir akan terpenuhi target. 

BACA JUGA:Dampak Pembangunan IPAL, Jalan Pasar 16 Ilir Rusak dan Becek, PUPR Palembang Janjikan Ini!

BACA JUGA: Pasar 16 Ilir Palembang, Dulu hingga Sekarang

Pasalnya, saat ini banyak dari toko-toko yang kosong terutama yang berada di lantai atas, yakni lantai 4 dan 5 gedung Pasar 16 ilir.

“Daya tampung 3.000 pedagang di gedung Pasar 16 Ilir, kami harap ini dapat terpenuhi setelah revitalisasi nanti," ujar Rizal.

Lebih lanjut dikatakannya, tentunya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam revitalisasi ini. Baik itu bagian lantai, atap dan plafon, lift, juga anak tangga.

Bahkan, nantinya sesuai rencana di lantai 4 dan 5 Pasar 16 Ilir akan dipasang lift yang bertujuan agar pengunjung mau naik ke atas tanpa harus melalui tangga.

BACA JUGA:Miris, Target Penyelesaian Proyek Bendungan di Lombok Barat Molor, BPKP Terjun ke Lokasi

BACA JUGA:Ciutkan Nyali Musuh Kamu, Inilah 5 Khasiat yang Melegenda dari Batu Akik Tapak Jalak

"Toko banyak yang kosong, makanya nanti lantai 4 dan 5 diperbaiki dengan dipasang lift, agar pengunjung mau pergi ke Pasar 16 Ilir," katanya.

Rencana renovasi ini akan berjalan lancar pasalnya para Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar gedung 16 Ilir sudah direlokasi ke beberapa titik yang sudah disiapkan.

“Ada yang pindah ke tepi jalan Pasar 16 Ilir, dan pasar-pasar terdekat seperti Soak Bato/ Pasar Bukit Kecil," ujar Rizal.

Terkait biaya revitalisasi, Perumda Pasar Palembang Jaya menggunakan dana dari pihak ketiga.

BACA JUGA:Dua Pemain MLS Bakal Gabung Timnas Indonesia, Salah Satunya Rekan Setim Gareth Bale, Siapa ya?

BACA JUGA:Alhamdulillah, BLT El Nino Senilai Rp400.000 Cair Hari Ini di KKS Bank Himbara, KPM Segera Cek Kartu KKS

Dalam unggahan Instagram @palembang.sumsel.ssci terungkap, desain terbaru Pasar 16 Ilir Palembang nantinya akan berganti nama menjadi The Heritage 16 Ilir.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sumsel Project (@palembang.sumsel.ssci)

Pasar ini nantinya akan tampil lebih modern dan canggih.

Dimana tangga depan bangunan The Heritage 16 ilir akan berbentuk ala Sarinah, namun dengan view menghadap Sungai Musi.

Untuk diketahui, Pasar 16 Ilir dibangun pada tahun 1800an, dan kini bakal mengalami perubahan bentuk pada area depan dan plaza yang rencananya menghadap ke Sungai Musi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: