Honda

Kurikulum Merdeka Diterapkan Pada Tahun Ajaran 2024, Praktisi Pendidikan Sumsel: Harus Kurangi Beban Guru!

Kurikulum Merdeka Diterapkan Pada Tahun Ajaran 2024, Praktisi Pendidikan Sumsel: Harus Kurangi Beban Guru!

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dr Suherman SPd MSi memberikan tanggapan positif dengan beberapa catatan-alhadi farid-palpres.com

Bukan tanpa sebab diriya mengungkapkan hal tersebut. Pasalnya berlandaskan dari kebijakan dari Kurikulum Merdeka yang bukan hanya menuntut para guru mengajar tapi juga berurusan dengan akademik.

"Kita bisa lihat saja sekarang guru-guru lebih sering berurusan dengan administrasi dari pada mengajari murid-muridnya. Nah hal itu sangat berbahaya," kata Suherman.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Unggul? Redmi Note 13 Vs Redmi Note 13 5G, Cek Spesifikasinya Disini!

BACA JUGA:Deretan HP Mid Range dengan Kamera Terbaik 2024, Cocok untuk Fotografi, Harganya Terjangkau

Lebih lanjut dikatakannya dalam prosedur di Kurikulum Merdeka, mengharuskan para guru untuk membuat RKH (Rencana kegiatan harian) dan RPP (Rencana pelaksanan pembelajaran) serta PMM (Platfrom Merdeka mengajar) yang membuat stress.

"Kami sejujurnya sangat terbebani secara mental dan psikis dengan diharuskannya membuat RKH, RPP, Dan PMM yang menyita banyak waktu kami dari pada harus mengajar secara interns di kelas," keluh Suherman.

Ia memiliki pendapat bahwa seorang guru harusnya lebih banyak mengajari murid-muridnya dari pada harus melakukan kegiatan struktural.

Suherman juga menambahkan bahwa efek dari pandemi covid 19 mulai terasa di lingkungan pendidikan.

BACA JUGA:7 Hp Jadul Paling Unik di Dunia Desainnya di Luar Nurul, Pernah Pakai?

BACA JUGA:Panjangnya 1.208 Meter, Terowongan Terpanjang di Indonesia Ini Simpan Kisah Kelam Masa Lalu, Kamu Tahu?

"Jangan salah ya efek dari pandemi covid 19 sudah mulai terasa, keefektifan pembelajaran dari rumah tenyata berdampak besar ke dunia pendidikan di Indonesia ini," tegas Suherman.

Ia melihat banyak sekali murid SD sampai SMA sudah mulai kehilangan dalam hal etika dan moral pendidikan selama pandemi covid 19.

"Kita lihat seberapa banyak kasus para pelajar yang kecanduan judi online, game, bullying dan kenakalan lain nya, karena melemahnya peran guru dalam pelajaran," beber Suherman.

Menurutnya peran guru sangat vital dalam dunia pendidikan karena sosoknya yang harusa menjadi rule model dalam pendidikan itu.

BACA JUGA:Rekomendasi Handphone 500 Ribuan! Paling Murah 2024 Spek Dewa RAM 3GB 4G!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: