Honda

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Peralihan Cuaca, Nomor 2 Dilarang Mageran

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Peralihan Cuaca, Nomor 2 Dilarang Mageran

5 Tips Menjaga Kesehatan saat Peralihan Cuaca, Nomor 2 Dilarang Mageran-Freepik-

Supaya kamu dan keluarga senantiasa sehat dan fit, penting untuk mulai mengubah pola makan menjadi yang lebih sehat, yang awalnya lebih suka makan siap saji (junkfood).

Maka bisa dikurangi dan menggantikannya dengan memperbanyak makanan sungguhan (real food). Pada prinsipnya, kunci pola makan sehat inilah yang bagus untuk diterapkan dirumah. 

Memang tidak mudah jika dikalangan remaja untuk tidak mengkonsumsi makanan siap saji (junk food) yang mengandung lemak tinggi.

Akan tetapi ada lebih baiknya porsinya lebih banyak diubah dengan mengkonsumsi  sayuran dan buah-buahan. 

Selain itu, pastikan kalau makanan yang kamu makan mengandung gizi seimbang yang seperti lemak baik, serat, karbohidrat, protein, dan vitamin serta mineral.

BACA JUGA:Dengan Lakukan Kebiasaan Bangun Pagi Setiap Hari, kamu Bisa Dapatkan Manfaat Kesehatan Yang Luar Biasa!

BACA JUGA:Kabarnya Kulit Jeruk Merupakan Sumber Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh, Apa Benar?

2. Istirahat yang Cukup dan Rajin Berolahraga 

Banyak sekali orang menyepelekan waktu tidur dan istirahat.

Sesuai dengan faktanya dilapangan, apabila kurangnya jam istirahat tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh untuk melawan penyakit.  

Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan di musim pancaroba tidak lepas dari anjuran untuk melakukan istirahat dan tidur yang cukup. 

Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para ahli diberbagai Negara juga menyarankan bahwa orang dewasa perlu mengistirahatkan tubuhnya minimal 7 sampai dengan 8 jam perhari untuk mempertahankan kesehatan supaya lebih stabil. 

Olahraga secara teratur dan terukur sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh, sebab selain bikin tubuh bugar, berolahraga juga membantu meningkatkan sistem imun. 

Inilah sebabnya, sesibuk apa pun kamu, luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 6 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh, Si Kecil yang Bisa Turunkan Berat Badan!

BACA JUGA:Benarkah Pisang Goreng Berbahaya Untuk Kesehatan?, Cek Disini Penjelasannya!

4. Rutin Minum Air Putih

Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, cara lain untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah dengan mencukupi kebutuhan air setiap hari supaya terhindar dari dehidrasi. 

Tak hanya sekadar meredakan haus, banyak minum air juga membantu menjaga kelembapan tubuh, melancarkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, hingga mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui keringat atau urin. 

Prinsipnya minumlah air putih secukupnya terutama kalau kamu sudah merasa haus, sebab haus adalah sinyal dari cairan tubuh yang kurang

 

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Kebersihan Tubuh 

Berbagai kuman penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, dapat berkembang biak di genangan air, pakaian yang tergantung di balik pintu bisa menjadi sarang nyamuk, hingga permukaan benda-benda yang ada di rumah. 

Oleh sebab itu, menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus dilakukan selama musim pancaroba terutama di lingkungan rumah sekitar

Selain itu, kunci penting lainnya dalam menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri. 

Pastikan kamu mencuci tangan sebelum dan setelah makan menggunakan sabun dan air mengalir, setelah bersin, setelah memegang hewan, dan lain-lain. 

Dengan mengikuti tips-tips ini, dapat membantu kamu menjaga kesehatan Anda selama musim pancaroba yang tidak menentu ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: