Honda

Awas Kolesterol Ngegas Usai Lebaran! Yuk Balikin Normal dengan 6 Tips Ini

Awas Kolesterol Ngegas Usai Lebaran! Yuk Balikin Normal dengan 6 Tips Ini

Awas kolesterol ngegas usai Lebaran! Yuk balikin normal dengan 6 tips ini.-Freepik.com/Midjourney 6-

Hindari Makanan Tinggi Kolesterol

Selain enam tips di atas, penting buat kamu untuk menghindari makanan yang tinggi kolesterol. 

Dikutip dari detikHealth, spesialis gizi, dr Gaga Irawan Nugraha, M Gizi, SpGK, mengatakan pada dasarnya sekitar 70 persen kolesterol diproduksi secara alami di dalam tubuh. 

Apabila mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi suatu makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

"Apa itu makanan yang mengandung kolesterol? Semua makanan yang berasal dari hewan, pasti semua ada kolesterolnya. Jadi nggak boleh dong makan daging, makan ayam, makan ikan? Boleh tapi dipilihlah bagian dari hewan tersebut yang kolesterolnya tidak terlalu tinggi, yang tinggi jangan," ucapnya.

Menurutnya, makanan seperti aneka daging saat Lebaran memiliki kadar kolesterol yang tinggi. 

Selain daging, makanan seperti kulit kikil, kepala ikan, kepala udang, hingga kepala ayam juga mengandung kolesterol.

"Apa yang tinggi kolesterol? Jeroan jelas, seperti usus, babat, jantung, pokoknya jeroan termasuk lidah, saluran cerna itu (mengandung) kolesterol tinggi. Pasti akan tinggi setelah makan ini, jelas di dalam darahnya sudah banyak kolesterol, sudah gitu makan dari luar yg mengandung kolesterol. ya salah," ucapnya lagi.

"Terus makannya apa? Daging, tapi jangan jeroannya. Ayam juga jangan kulitnya. Masih enak kok dietnya kaya gitu. Daging merah boleh? Boleh, nggak papa, yang nggak boleh itu adalah jeroannya. Hati sapi nggak boleh, daging sapi boleh. Hati ayam nggak boleh, daging ayam boleh. ikan juga sama. ikan itu daging ikannya aja," tuturnya lagi.

Serupa, dr Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK juga mengungkapkan seseorang boleh-boleh saja mengonsumsi makanan Lebaran asalkan tak berlebihan dan tetap dibatasi. 

Adapun sejumlah makanan yang perlu dikurangi menurut dr Juwalita adalah makanan yang berlemak tinggi.

"Opor ayam, sambel goreng ati, rendang daging, sayur ketupat, es buah, kue-kue kering," imbuhnya.

 

Demikian tadi 6 tips untuk menurunkan kadar kolesterol seusai Lebaran, termasuk makanan apa saja yang harus dihindari. Semoga bermanfaat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: